China siapkan UC Browser sebagai platform mobile global berbasis web


UC Browser, aplikasi browser mobile global yang dikembangkan di China, diharapkan akan muncul sebagai platform mobile generasi berikutnya untuk mengikuti sistem operasi mobile berbasis web yang sudah ada seperti WebOS, TIZEN dan Firefox OS dan bersaing dengan Apple iOS dan Google Android. China bertujuan untuk mengubah browser mobile ini menjadi sebuah platform global populer untuk aplikasi smartphone dan membangunan jalur distribusi konten digital di pasar lokal yang sangat besar.

Menurut perusahaan riset pasar StatCounter, UC Browser berhasil mengungguli Nokia pada bulan November untuk pasar browser mobile global. Pada bulan sebelumnya, UC Browser telah menyumbang 7,65% dari pasar, sekitar tiga poin prosentase lebih rendah dari pangsa pasar milik Nokia. Namun, pangsa Nokia turun di bawah 10% bulan lalu untuk pertama kalinya sedangkan UC Browser menaikkan pangsa pasarnya lebih dari 9%.

Pada kenyataannya UC Browser bukan hanya sebuah browser web mobile biasa. Saat berlangsungnya UC Innovative Conference di Beijing pada bulan Juli tahun lalu, UC Browser merilis sebuah kernel yang sama sekali baru untuk browser mobile, U3, yang dikembangkan secara mandiri oleh UC. Kernel U3 adalah kernel pertama yang dikembangkan di China untuk browser mobile.

Pada 8 September 2011, UC Mobile Ltd atau UCWeb selaku pembuat dari UC Browser mengumumkan debut dari generasi baru untuk browser mobile, UC8, dengan kernel U3. UCWeb menjadi perusahaan China pertama yang bersaing dalam pengembangan kernel bersama-sama dengan penyedia browser global lainnya seperti Chrome dan Firefox. Pada saat yang sama, berdasarkan kekuatan yang kuat yang ditawarkan oleh kernel U3, UC8 telah meningkatkan indikator kinerja sebagai browser mobile dan mendukung aplikasi Web berbasis HTML5 dengan cara yang komprehensif, yang menunjukkan kematangan usia di mana browser mobile selanjutnya berkompetisi dalam kemampuan kernel dan layanan cloud.

"HTML5 ditakdirkan untuk menjadi generasi berikutnya dari kriteria protokol untuk mobile Internet," kata Xiaopeng, presiden produk dari UCWeb sambil menambahkan, "Di tahun 2013 kita akan melihat ledakan penggunaan dari teknik HTML5. Hanya produsen browser yang lengkap dengan kemampuan pengembangan kernel independen yang bisa berharap untuk bersaing dalam pengembangan HTML5. Aplikasi Web akan menjadi bentuk dominan penggunaan internet mobile masa depan karena perkembangan HTML. Toko Aplikasi yang dibuat berdasarkan pada sistem operasional akan menurun dari hari ke hari. Browser berbasis Aplikasi Web akan menjadi semakin populer karena perkembangan peningkatan aplikasi karena mereka dapat digunakan tanpa batasan sistem operasi dan platform. Dengan browser mobile semakin menyempurnakan dukungan HTML5 mereka, UC Browser akan memainkan peran peningkatan sebagai 'homepage' pengguna mobile internet."

Selain berfungsi sebagai platform mobile total di mana aplikasi dapat dijual dan dibeli, UC Browser juga menyediakan fitur pembunuh seperti pengenalan suara (voice recognition), speed search, smart reading dan game center.