Gree tambahkan dukungan untuk game mobile berbasis HTML5


Gree, salah satu perusahaan game terbesar di Jepang, pada hari Rabu (14/11) kemarin mengatakan bahwa mereka akan menambahkan dukungan untuk game mobile berbasis HTML5. Dengan memperluas kompatibilitas HTML5 untuk platform mobile, Gree berharap para pengembangnya bisa mendistribusikan game sebagai aplikasi web untuk sekitar 200 juta pengguna mereka di seluruh dunia.

Langkah ini merupakan upaya untuk menyatukan pasar mobile yang ter-fragmentasi dengan memberikan Gree dan pengembang game sebuah pilihan untuk mendistribusikan game sebagai aplikasi web. Perusahaan game sosial yang berbasis di Tokyo ini memperkenalkan fungsionalitas yang telah diperluas untuk menanggapi evolusi industri smartphone dan bisnis terkait.

Fungsi HTML5 yang telah ditingkatkan akan diluncurkan oleh perusahaan game yang didirikan oleh Yoshikazu Tanaka ini secara global dalam versi beta terbuka mulai November ini.

"Munculnya lingkungan pengembangan aplikasi web baru seperti HTML5 memungkinkan pengembangan cross-platform yang sebenarnya melalui aplikasi web yang kompatibel di beberapa sistem operasi smartphone," kata sumber dari perusahaan ini dalam pernyataannya.

"Dengan memperluas kompatibilitas dari Platform Gree, pengembang akan dapat memilih metode pengembangan yang paling sesuai dengan kemampuan teknis dan karakteristik dari setiap game, menyediakan mereka dengan biaya yang efektif yang artinya mendistribusikan game di seluruh dunia."

Bertepatan dengan pengumuman ini, Gree juga memperkenalkan browser web dengan fungsi yang telah dioptimalkan untuk layanan jejaring sosial, yang kini tersedia dalam 14 bahasa. Gree juga berencana untuk meluncurkan sendiri game sosial mereka sebagai aplikasi web berbasis HTML5.

Opsi pembayaran baru akan tersedia untuk pengguna mereka di seluruh dunia, dengan pembayaran melalui PayPal, VISA, MasterCard, JCB, dan American Express. Selain itu, pembayaran juga bisa melalui potong pulsa melalui kerjasama dengan 166 operator selular di seluruh dunia.