Samsung siapkan browser open source tunggal untuk semua perangkat elektroniknya


Samsung Electronics mulai mengembangkan browser internet sendiri yang kemungkinan besar akan dijadikan sebagai browser utama. Browser ini akan digunakan tidak hanya untuk perangkat mobile seperti smartphone dan tablet, tetapi juga untuk perangkat cerdas terhubung lainnya termasuk Smart TV.

Menurut sebuah sumber industri, browser ini adalah browser yang didasarkan pada 'Webkit,' sebuah browser engine open source. Diharapkan bahwa Samsung akan membuat lingkungan web surfing yang universal di seluruh perangkat elektronik cerdas buatan Samsung dengan browser mereka sendiri seperti halnya Apple atau Microsoft.

Tim “Advanced Software Platform Lab” dari pusat R&D Samsung Information Systems America (SISA) di Silicon Valley saat ini sedang membina sejumlah profesional di bidang WebKit dan memulai pengembangan browser berbasis WebKit mobile.

Pada bulan Februari, Google meluncurkan "Chrome Mobile" yang lebih canggih dari browser Android yang ada. Dan diperkirakan bahwa browser Samsung terbaru ini akan bersaing dengan Chrome.

Samsung sebelumnya telah membuat browser Webkit mobile sendiri yang diberi nama Dolfin (bukan Dolphin) untuk smartphone bada dan featured phone. Kini browser Webkit terbaru ini kemungkinan besar akan digunakan pertama kali pada perangkat dengan OS TIZEN, setelah diketahui browser TIZEN sejak pertama kali diluncurkan terus mengalami perbaikan yang signifikan baik dari sisi kinerja maupun fitur yang disediakan. TIZEN sendiri memang diproyeksikan akan digunakan untuk smartphone, tablet, Smart TV, netbook, sistem IVI dan perangkat elektronik terhubung lainnya.