Facebook: Kami tetap fokus pada pengembangan HTML5


Dua hari yang lalu, saat di Disrupt SF, CEO Facebook Mark Zuckerberg membahas strategi mobile dari Facebook. Dalam pembicaraan ini ia membuat beberapa komentar tentang HTML5. Beberapa perkataan dari Mark terkait HTML5 kemudian menuai kontroversi setelah beberapa situs berita dan media sosial membahas kutipan dari keseluruhan perkataannya secara sepotong-sepotong.

Berikut ini transkrip pernyataan Mark Zuckerberg terkait HTML5 dari Tobie Langel, salah seorang insinyur software dari Facebook. Silahkan Anda simpulkan sendiri:
"Jika mengintrospeksi diri tentang beberapa tahun terakhir kupikir kesalahan terbesar yang kami buat, sebagai sebuah perusahaan, adalah membuat taruhan terlalu banyak pada HTML5 dibandingkan dengan native ... karena itu belum saatnya sekarang. Dan itu bukan karena HTML5 adalah buruk. Aku benar-benar, untuk jangka panjang, benar-benar tertarik dengan hal itu [HTML5]. Salah satu hal-hal yang menarik adalah kita sebenarnya memiliki lebih banyak orang setiap hari yang menggunakan Web mobile Facebook daripada yang menggunakan gabungan aplikasi iOS atau Android kita. Jadi Web mobile adalah hal yang besar bagi kami."

Pangkal masalah dari pernyataan Mark Zuckerberg ini adalah kegagalan Facebook membuat aplikasi berbasis HTML5 untuk perangkat iOS dan Android. Aplikasi Facebook HTML5 ini walaupun telah dibuat selama 2 tahun namun tetap saja berjalan lambat di perangkat iOS dan Android, sehingga akhirnya diputuskan kembali ke aplikasi asli (native) untuk masing-masing OS.

Kinerja HTML5 yang sangat lambat di perangkat iOS dan Android sebenarnya bukan kali ini saja dikeluhkan oleh pengembang. Spaceport lewat serangkaian studi yang dilakukannya menghasilkan kesimpulan bahwa HTML5 berjalan setidaknya enam sampai sepuluh kali lebih lambat pada smartphone Android dan iPhone dari pada laptop MacBook Pro. Untuk OS mobile, hanya BlackBerry 10 dan TIZEN yang mampu menandingi kinerja OS yang dibuat untuk desktop maupun laptop.

Terlepas dari pernyataan Mark Zuckerberg, para insinyur di jejaring sosial terbesar ini masih terus bekerja keras di web mobile berbasis HTML5. Dalam pertemuan hari ini, Doug Purdy, direktur jaringan sosial untuk pengembangan produk, mengatakan bahwa proyek HTML5 di Facebook tidak akan pergi.

"Saya memiliki seluruh tim dari orang-orang yang berfokus pada HTML5," kata Purdy kepada VentureBeat. "Dan Ringmark terus menjadi bagian penting bagi kami, kami memiliki tim yang bekerja pada itu."

Facebook selama tahun 2012 ini diketahui telah memimpin kampanye besar-besaran untuk mobile web berbasis HTML5. Untuk pengembang, Facebook telah melakukan pendekatan platform-agnostic yang bisa menghasilkan manfaat distribusi yang besar. Sejauh ini Facebook telah memimpin pembentukan W3C Core Mobile Web Platform Community Group (CoreMob) dan proyek open-source Ringmark, suite pengujian benchmark HTML5 yang dimaksudkan untuk mendorong adopsi standar yang lebih baik untuk web mobile.

James Pearce, Kepala Relasi Pengembang Mobile dari Facebook, sedang menunjukkan Ringmark yang berjalan sempurna di smartphone TIZEN saat TIZEN Developer Conference 2012.

"Tidak ada perusahaan yang dapat memperbaiki semua ini, tapi kami sangat tertarik untuk bekerja sama dengan industri, vendor browser, OEM, operator, dan pengembang sendiri untuk kelancaran dalam melewati tantangan tersebut," kata James Pearce, Kepala Relasi Pengembang Mobile dari Facebook awal tahun ini.

"Kita bisa melakukan beberapa hal yang cukup menakjubkan di HTML5," kata Mick Johnson dari Facebook kepada VentureBeat. "Aku...dalam jangka panjang bertaruh pada HTML5 untuk semuanya. Dan [situs web mobile Facebook] m.facebook.com masih interface terbesar yang kita miliki."