NISSAN Motor Company pilih Intel untuk Sistem IVI


Intel Corporation pada 5 April yang lalu saat penyelenggaraan New York International Auto Show mengumumkan bahwa mereka telah dipilih oleh NISSAN Motor Company untuk menyematkan in-vehicle infotainment system (IVI) untuk generasi berikutnya yang akan didukung oleh Intel® Atom™ pada mobil produksinya di awal tahun 2013. Sistem IVI memiliki fitur inovatif twin-display yang diresmikan pada Infiniti LE, konsep mobil mewah bebas emisi kendaraan konsep. Infiniti adalah mobil mewah dari NISSAN Motor Company.

"Teknologi dan kendaraan merupakan komponen integral dari kehidupan sehari-hari dan dengan menggabungkan keduanya, kita dapat mencapai suatu yang benar-benar terhubung, mobile lifestyle," kata Ton Steenman, wakil presiden pada Intel Intelligent Systems Group. "Kekuatan pengolahan prosesor Intel Atom memungkinkan NISSAN untuk memberikan informasi dan hiburan untuk pengemudi dan penumpang secara bersamaan dengan cara yang aman dan membuka pintu untuk pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan."

Intel dipilih NISSAN sebagai mitra teknologi untuk bersama-sama mengembangkan pengalaman yang kaya di dalam kendaraan yang akan membuat pengemudi dan penumpang mobil NISSAN mendapat informasi, hiburan dan produktifitas dengan tetap menjaga keamanan yang optimal. Twin-display akan memungkinkan pengemudi untuk melihat informasi lalu lintas dan navigasi yang penting, sekaligus memberikan hiburan seperti film, musik dan game untuk penumpang.

"Infiniti LE menampilkan konsep dari smart hospitality," kata Andy Palmer, wakil presiden eksekutif dari NISSAN Motor Company dan bertugas pada Infiniti. "Twin-display, yang dikembangkan dengan teknologi Intel di dalamnya, adalah fitur terobosan yang menyajikan informasi terkait mengemudi di tempat yang tepat dan pada waktu yang tepat."

Pengembangan produk ini dibangun pada hubungan lama antara Intel dan NISSAN, yang meliputi penelitian bersama melalui Intel Labs untuk mengeksplorasi cara baru untuk menyesuaikan aplikasi dan meningkatkan konektivitas perangkat mobile dalam mobil. Berbagi pendekatan user-centric yang mirip dengan penelitian dan pengembangan produk, dikombinasikan dengan pengalaman Intel di perangkat elektronik konsumen serta keahlian dalam memberikan solusi hardware dan software komputasi dan pemahaman yang kuat dari NISSAN untuk industri otomotif dan kebutuhan mengemudi, kedua perusahaan sedang membantu industri otomotif untuk memberikan pengalaman baru pada pengemudi dan penumpang sekaligus.

Penelitian bersama difokuskan pada beberapa bidang eksplorasi, termasuk mobile device-to-vehicle fusion, layanan berbasis cloud untuk kendaraan, dan pengawasan kendaraan melalui video pada smartphone, serta akses kendaraan dan kontrol melalui smartphone. Misalnya, dengan menggunakan konektivitas dan kamera serta sensor yang ada di dalam mobil, mobil ini akan mampu memberitahu pemiliknya melalui smartphone untuk memandu memilih tempat parkir yang tepat. Selain itu, menggunakan near-field communications (NFC) atau barcode yang secara aman memasangkan smartphone dengan mobil memungkinkan smartphone menjadi kunci virtual untuk remote keyless entry untuk kendaraan.