Huawei gabung Tizen Association, Tizen source code and SDK versi beta dirilis


Tizen Association dan Linux Foundation hari ini mengumumkan update penting untuk kemajuan platform software Tizen terhadap pengenalan pasar. Termasuk dalam pengumuman hari ini di acara Mobile World Congress (MWC) 2012 yang saat ini diadakan di Barcelona, Spanyol, adalah perilisan dari source code dan SDK untuk platform Tizen versi beta dan berita bahwa Huawei telah bergabung dengan Tizen Association Board of Directors.

Seperti yang diumumkan hari ini oleh Tizen Technical Steering Group (Kelompok Pengarah Teknis dari Tizen) di tizen.org, pengembang didorong untuk mulai bekerja dengan fitur dan fungsi baru dari source code beta dan SDK dari Tizen dan lemberikan umpan balik untuk membantu meningkatkan platform selama tahap akhir perkembangannya. Rilis beta dari fitur dan kerangka UI yang telah diperbarui serta web API untuk pengembangan lebih mudah dari aplikasi web yang kaya dan Tizen SDK sekarang mendukung sistem operasi Windows® selain Ubuntu untuk memberikan pengembang dengan pilihan yang lebih beragam dalam mengelola proyek-proyek mereka. Pengembang dapat mendapatkan rincian lebih lanjut dari posting blog dan mengunduh SDK versi beta di http://www.tizen.org.

Dibandingkan dengan preview kode sebelumnya, beta memiliki tambahan fitur, tool, dan perbaikan lainnya, termasuk:
  • Dukungan SDK untuk Windows, selain Ubuntu
  • Source code SDK sekarang tersedia
  • Kerangka Tizen Web UI meluas dengan dukungan jQuery Mobile untuk membuat aplikasi web secara lebih mudah dengan widget yang telah dioptimalkan.
  • Tizen Web API menyediakan lebih banyak fitur, seperti pengaturan alarm, akses konten media, pengambilan informasi sistem, dan banyak lagi.

Perlu diingat bahwa, seperti versi sebelumnya, ini adalah preview dan belum dirancang untuk digunakan untuk membuat aplikasi jadi. Peningkatan lebih lanjut dan perbaikan Tizen dan lingkungan pengembangannya akan terus dilanjutkan dan ditargetkan untuk dirilis pada kuartal kedua 2012.

"Sangat menyenangkan bahwa Tizen terus membuat kemajuan yang bagus saat menangkap kepemimpinan industri yang luas," kata Morgan Gillis, direktur eksekutif dari Tizen Association. "Platform baru ini dimaksudkan untuk memberikan vendor hardware sebuah kebebasan untuk membedakan dan untuk membantu operator di semua regional untuk menyusun proposisi pengguna dalam cara yang fleksibel yang selaras dengan persyaratan tertentu dari pasar mereka."

Dalam berita hari ini juga menegaskan bahwa Huawei telah bergabung dengan Tizen Association Board dengan tujuan untuk membuat dan mengkomersialisasikan handset Tizen untuk berbagai pasar dan bersama-sama dengan perusahaan Board lain yang mengarahkan Tizen untuk melayani kebutuhan industri dalam skala besar untuk sebuah platform software perangkat dan ekosistem yang independen.

"Kami sangat senang untuk bergabung dengan para rekan pemimpin industri di Tizen Association Board of Directors," kata Glory Zhang, juru bicara dari Huawei Device. "Tujuan berkelanjutan kami adalah untuk bekerja erat dengan konsumen dan mitra kami untuk membawa proposisi handset yang benar-benar inovatif kepada konsumen di semua pasar dan ekosistem Tizen baru ini melengkapi daerah yang sudah ada untuk fokus dan menyediakan kesempatan baru untuk memperkuat merek Huawei di segmen mobile."

"Kami sangat senang menyambut Huawei untuk bergabung dengan Tizen Association," kata Kiyohito Nagata dari NTT DoCoMo, ketua Tizen Association. "Pendekatan open sourbe dan bimbingan industri yang kuat melalui Tizen Association Board memang dirancang untuk membuat Tizen menjadi menarik bagi berbagai perusahaan dan pengembang - kami berharap dapat melihat banyak contoh kesuksesan bersama dalam ekosistem baru ini."

Tizen merupakan platform software untuk perangkat yang open source, cross-architecture, dan berbasis standar HTML5 dan standar W3C yang memungkinkan aplikasi perangkat yang independen yang akan diproduksi secara efisien untuk penyebaran cross-platform. Pendekatan ini memanfaatkan ketahanan dan fleksibilitas HTML5 yang dengan cepat muncul sebagai lingkungan aplikasi yang lebih disukai untuk aplikasi mobile.