Samsung luncurkan smartphone Tizen untuk mengurangi ketergantungan pada Android


Samsung Electronics akan meluncurkan smartphone yang berjalan pada sistem operasi mobile baru Tizen pada paruh kedua tahun ini. Para ahli memprediksi bahwa keputusan ini akan memfasilitasi strategi Samsung untuk secara perlahan keluar dari Android.

Pada tanggal 10 Januari, Linux Foundation mengungkapkan source code and software development kit (SDK) pada blog resmi dari Tizen Project. Code ini mencakup middleware, user interface, Web integrated development environment (W-IDE), emulator, API documentation, dll

Tizen adalah OS open source baru berbasis Linux yang lahir dari Samsung Linux Platform (SLP) dan sedang dikembangkan secara bersama oleh Samsung dan Intel. Didukung oleh Linux Foundation, OS ini dipandang akan menyebabkan beberapa pergeseran kekuasaan dalam ekosistem OS mobile saat ini yang dipimpin oleh Apple dan Google. Versi final dari source code dan SDK diharapkan akan tersedia dalam waktu dua sampai tiga bulan setelah beberapa update mendatang.

Sementara Samsung diharapkan akan merilis sebuah smartphone Tizen di Q3 tahun ini. Perangkat ini dirancang untuk bisa fleksibel dalam menjalankan aplikasi yang berbasis HTML5 API. Anggota dari aliansi Tizen Association saat ini termasuk produsen seperti Samsung, NEC, Casio, Panasonic dan operator telekomunikasi seperti SK Telecom, NTT DoCoMo, Vodafone dan Telefonica.