LiMo Foundation dan Linux Foundation mengumumkan Platform Software Open Source baru Tizen (TM) berbasis Aplikasi Web



London dan San Francisco, California, 27 September 2011 - LiMo Foundation dan Linux Foundation hari ini mengumumkan sebuah proyek open source baru, Tizen, untuk mengembangkan platform software berbasis Linux. Di-tuan rumahi oleh Linux Foundation, Tizen adalah basis standar untuk arsitektur software lintas-platform, yang mendukung berbagai perangkat, termasuk dalam kategori smartphone, tablet, Smart TV, netbook dan sistem in-vehicle infotainment. Rilis awal Tizen ditargetkan untuk Q1 2012, sedangkan perangkat pertama yang datang ke pasar direncanakan pada pertengahan 2012.

Tizen menggabungkan teknologi open source terbaik dari LiMo Foundation dan Linux serta menambahkan standar lingkungan pengembangan web berbasis HTML5 dan WAC yang kuat dan fleksibel di mana aplikasi untuk perangkat independen dapat dibuat secara efisien untuk penyebaran cross-platform yang tidak terbatas. Pendekatan ini memanfaatkan ketahanan dan fleksibilitas dari HTML5 yang tumbuh dengan cepat sebagai lingkungan aplikasi yang lebih disukai untuk aplikasi mobile dan dukungan operator yang luas dari Wholesale Applications Community (WAC). Tizen menambahkan referensi user interface "state-of-the-art" yang memungkinkan penciptaan pengalaman pengguna yang sangat menarik dan inovatif yang dapat lebih disesuaikan oleh operator dan produsen perangkat.

"LiMo Foundation memandang Tizen sebagai langkah perubahan yang tepat waktu yang menyatukan para pendukung utama Linux mobile dalam ekosistem baru dengan visi pengembangan aplikasi web terbuka yang akan membantu vendor perangkat untuk berinovasi melalui software dan meliberalisasi akses kepada konsumen untuk pengembang dan penyedia layanan," kata Morgan Gillis, Direktur Eksekutif LiMo Foundation. "LiMo akan mempertahankan fokus pada penyediaan industri dengan dukungan yang luas bagi vendor dan layanan ekosistem netral yang didasarkan pada semangat keterbukaan dan peluang yang tidak dibatasi yang diwujudkan oleh Linux."

Industri mobile terus untuk merangkul teknologi Linux dan open source sebagai faktor kunci dalam menurunkan realisasi biaya perangkat, meningkatkan fleksibilitas dan mempercepat waktu untuk ketersediaan ke pasar dan diharapkan bahwa Tizen akan lebih meningkatkan efek ini karena jangkauan lintas kategori dan fokus yang kuat pada standar keterbukaan.

"Linux Foundation sangat senang menjadi tuan rumah dari platform Tizen," ujar Jim Zemlin, Direktur Eksekutif dari Linux Foundation. "Platform open source seperti Tizen sangat baik untuk Linux karena adopsi yang masa depan yang lebih baik di kategori perangkat. Kami berharap dapat bekerjasama dengan LiMo Foundation dan para anggota dari proyek ini."

Untuk berpartisipasi dalam proyek ini, silakan kunjungi http://www.tizen.org.


Tentang LiMo Foundation

LiMo Foundation adalah konsorsium terdedikasi dari pemimpin industri mobile yang bekerja sama dalam model tata kelola yang terbuka dan transparan - dengan kepemimpinan bersama dan pengambilan keputusan bersama - untuk menghadirkan platform software handset yang terbuka dan konsisten secara global berdasarkan Linux mpbile untuk digunakan oleh seluruh industri mobile . Dewan LiMo Foundation terdiri dari ACCESS, Panasonic Mobile Communications, NEC CASIO Mobile Communications, NTT DOCOMO, Samsung, SK Telecom, Telefónica dan Vodafone. Penjelasan lengkap tentang LiMo Foundation dapat ditemukan di www.limofoundation.org.


Tentang Linux Foundation

Linux Foundation adalah sebuah konsorsium nirlaba yang didedikasikan untuk mendorong pertumbuhan Linux. Didirikan pada tahun 2000, organisasi ini mensponsori karya pencipta Linux Linus Torvalds dan mempromosikan, melindungi dan memajukan sistem operasi Linux dengan mengerahkan sumber daya anggotanya dan komunitas pengembang open source. Linux Foundation menyediakan forum netral untuk kolaborasi dan pendidikan dengan menyelenggarakan konferensi Linux, termasuk LinuxCon, dan menghasilkan penelitian dan konten Linux asli yang memajukan pemahaman platform Linux. Properti web-nya, termasuk Linux.com, menjangkau sekitar dua juta orang per bulan. Organisasi ini juga menyediakan kesempatan pelatihan Linux yang ekstensif yang menampilkan pakar terkemuka dari komunitas kernel Linux sebagai instruktur.