Samsung perluas ekosistem HDR10+ bersama 20th Century Fox dan Panasonic


20th Century Fox, Panasonic Corporation dan Samsung Electronics hari ini mengumumkan pembaruan terhadap program sertifikasi dan logo terkait untuk platform metadata dinamis yang terbuka dan bebas royalti untuk High Dynamic Range (HDR), yang disebut HDR10+ yang awalnya telah diumumkan tahun lalu di IFA 2107.

Platform HDR10+ akan segera tersedia untuk perusahaan konten, TV ultra-high definition, pemutar/perekam cakram Blu-ray dan produsen set-top box, serta vendor SoC, secara bebas royalti dengan hanya biaya administrasi nominal. Perusahaan dapat melihat logo baru, mempelajari tentang program lisensi termasuk spesifikasi akhir, perjanjian adopter dan pendaftaran untuk menerima pemberitahuan saat spesifikasi teknis untuk HDR10+ telah tersedia di http://www.hdr10plus.org. Selain itu, alat pembuat metadata Ultra HD Blu-ray telah dikembangkan dengan pihak ketiga dan akan segera tersedia untuk pembuat konten yang memungkinkan pemutar Blu-ray Ultra HD memasuki pasar. Rincian pada format transfer dan antarmuka konten untuk pipa saluran pembuatan konten juga akan segera dirilis.

HDR10 + akan menawarkan pengalaman HDR yang benar-benar premium bagi pemirsa melalui program sertifikasi perangkat yang memastikan representasi akurat dari maksud kreatif yang diungkapkan dalam konten. Selain itu, peningkatan alur kerja untuk pembuat konten akan mendorong peningkatan produksi konten HDR premium.

Program lisensi HDR10 + akan memberikan spesifikasi teknis dan pengujian yang diperlukan buat perusahaan yang berminat untuk menerapkan teknologi HDR10+ dengan cara mempertahankan kualitas gambar tertinggi dan memberi setiap produsen kemampuan untuk menerapkan pemetaan nada dinamis secara inovatif. Program sertifikasi yang menyertainya akan memastikan bahwa produk yang sesuai dengan HDR10+ memenuhi kualitas gambar yang bagus dan memberikan kesan kreatif dari sutradara film dan sinematografer. Produk bersertifikat akan menampilkan logo HDR10+, yang menandakan kualitas gambar produk yang sangat baik.

 Aspek utama dari program lisensi akan mencakup:
  • Manfaat untuk produsen perangkat (mis., TV, Ultra HD Blu-ray, OTT STB, dll.), Penyedia layanan distribusi konten, produsen SoC, penerbit konten, dan penyedia alat pembuatan konten.
  • Tidak ada royalti per unit.
  • Biaya administrasi tahunan nominal untuk produsen perangkat, produsen SoC dan penyedia layanan distribusi konten. Spesifikasi teknis, spesifikasi pengujian, panduan logo HDR10+, paten dari ketiga perusahaan secara langsung terkait dengan spesifikasi teknis dan spesifikasi pengujian.
  • Sertifikasi untuk perangkat akan dilakukan oleh pihak ketiga, pusat pengujian yang berwenang.

Setelah program lisensi HDR10+ dibuka, tiga perusahaan pendiri akan menggabungkan teknologi HDR10+ di semua rilis film Ultra HD masa depan, TV terpilih, pemutar/perekam HDD Ultra HD, dan produk lainnya.

"Penting bagi kami untuk menciptakan sistem terbuka yang fleksibel dan menawarkan pengalaman menonton yang jauh lebih dekat dengan ide kreatif pembuat film untuk filmnya," kata Danny Kaye, Executive Vice President 20th Century Fox, dan Managing Director Fox Innovation Laboratorium. "Bersama Samsung dan Panasonic, kami bertujuan untuk membakukan proses perizinan sehingga memudahkan mitra, termasuk pembuat konten, produsen televisi dan perangkat, untuk menggabungkan teknologi ini dan meningkatkan pengalaman menonton untuk semua khalayak."

Dukungan terus berkembang untuk HDR10+ dan perusahaan berharap dapat menerapkan program spesifikasi dan sertifikasi 3C. Lebih dari 25 perusahaan yang mencakup berbagai industri telah menyatakan minat yang kuat untuk mendukung platform HDR10+, yang selanjutnya memperkuat jalan menuju kesuksesan.

Amazon Prime Video, penyedia layanan streaming pertama yang menghadirkan HDR10+, telah membuat keseluruhan perpustakaan Video HDR yang tersedia dalam format HDR10+ secara global. Katalog Prime Video HDR10+ mencakup ratusan jam konten seperti konten Prime Original 'The Grand Tour', penerima nominasi Golden Globe 'The Marvelous Mrs. Maisel', 'Jean-Claude Van Johnson', 'The Tick' dan 'The Man in the High Castle' ditambah ratusan judul lainnya yang telah berlisensi.

Warner Bros Home Entertainment akan mendukung HDR10+ untuk mengaktifkan solusi metadata yang dinamis untuk konten Warner Bros ke Samsung, Panasonic dan TV 4K HDR lainnya yang sudah mendukung HDR10+. "Warner Bros selalu berusaha menghadirkan pengalaman hiburan rumah terbaik untuk konsumen," kata Jim Wuthrich, President of the Americas and Global Strategy, Warner Bros. Home Entertainment. "Dengan metadata dinamis HDR10+, Warner Bros dapat terus menghadirkan visi pembuat film tentang rilis 2018 secara akurat dan katalog kami yang luas yang menampilkan lebih dari tujuh puluh lima judul 4K HDR ke rumah di berbagai TV yang mendukung HDR10+."

Teknologi HDR10+ yang baru mengoptimalkan kualitas gambar untuk display generasi berikutnya dengan menggunakan pemetaan nada dinamis untuk mencerminkan variasi kecerahan, saturasi warna, dan kontras secara frame ke frame atau scene ke scene, yang membuat pengalaman menonton akan meningkat. Teknologi HDR10+ mengoptimalkan kinerja TV dengan ukuran 4K ultra-high definition, memungkinkan pemutaran pada berbagai jenis TV generasi berikutnya yang membuat pengalaman pengguna lebih dekat dengan maksud kreatif asli untuk film-film Hollywood.

"Dengan menggabungkan pengetahuan dan teknologi dari tiga perusahaan pendiri, HDR10+ memiliki potensi untuk memberikan manfaat kualitas gambar yang cukup baik bagi pemirsa dan kreator," kata Toshiharu Tsutsui, Direktur Divisi Bisnis TV Panasonic. "Dengan demikian, Panasonic mengantisipasi dukungan luas untuk HDR10+."

"Samsung berkomitmen terhadap inovasi teknologi di TV dan HDR10+ kami yang mewakili evolusi dalam kualitas display untuk pengalaman menonton terbaik," kata Chu Jong-suk, Wakil Presiden Senior Visual Display Business di Samsung Electronics. "Kami juga telah merancang platform HDR10+ untuk mendorong pengembangan di masa depan guna memberikan teknologi yang lebih baik di tahun-tahun mendatang."

20th Century Fox, Panasonic dan Samsung akan menampilkan demonstrasi teknis teknologi HDR10+ di CES 2018. Wartawan terakreditasi dapat melihat demo teknis HDR10+ Panasonic di stan mereka di MGM Grand Conference Center. Demo teknologi HDR10+ akan diadakan di acara Samsung First Look di Enclave Las Vegas pada tanggal 7 Januari.