Samsung rilis ISOCELL Fast 2L9 dan ISOCELL Slim 2X7 untuk smartphone dan IoT


Samsung Electronics hari ini memperkenalkan dua sensor kamera ISOCELL baru: 1.28-mikrometer (μm) 12 megapixel (Mp) ISOCELL Fast 2L9 dengan teknologi Dual Pixel, dan ultra-small 0.9μm 24Mp ISOCELL Slim 2X7 dengan Teknologi Tetracell.

Sensor kamerar Samsung ISOCELL terbagi dalam empat kategori - Fast, Slim, Bright dan Dual - tergantung pada atribut utama mereka. Seiring permintaan pasar akan smartphone ramping dengan fitur canggih meningkat, ISOCELL Fast 2L9 dan Slim 2X7 keduanya menawarkan sensor kamera beresolusi tinggi dalam paket chip kecil, menghadirkan gambar yang detil di lingkungan dengan cahaya rendah tanpa benjolan kamera.


ISOCELL Fast 2L9

Dengan teknologi Dual Pixel, ISOCELL Fast 2L9 menghadirkan auto-fokus ultra-fast pada ukuran piksel yang lebih kecil dari sensor Dual Pixel 1.4mm sebelumnya menjadi 1.28μm. Teknologi Dual Pixel menggunakan dua foto dioda di setiap piksel sensor, bukan hanya satu. Dengan 12 juta piksel pendeteksi fokus, sensor tidak hanya bisa fokus dengan cepat pada obyek yang masih kecil, namun juga mengunci dan melacak benda bergerak tanpa kehilangan fokus, bahkan di lingkungan dengan cahaya rendah. Dengan ukuran piksel yang lebih kecil, ISOCELL Fast 2L9 bisa masuk ke modul kamera yang lebih ramping, memungkinkan desain tanpa benjolan untuk smartphone. Teknologi Dual Pixel terutama memungkinkan efek depth-of-field untuk mengambil foto bokeh, atau foto yang tidak fokus secara eksentrik, melalui kamera lensa tunggal tradisional.


ISOCELL Slim 2X7

Dengan ukuran hanya 0.9μm, ISOCELL Slim 2X7 adalah sensor kamera pertama di dunia yang memiliki ukuran piksel di bawah 1.0μm. Bahkan dengan ukuran piksel yang kecil sekalipun, ISOCELL Slim 2X7 mampu memberikan ketepatan warna tinggi dengan sedikit noise karena teknologi DTI (deep trench isolation) yang lebih dalam yang mengurangi warna crosstalk dan memperluas kapasitas penuh untuk menyimpan lebih banyak informasi cahaya. Selain itu, ukuran piksel kecil berukuran 0.9μm memungkinkan sensor kamera 24Mp dipasang di modul kamera yang lebih tipis, yang memungkinkan smartphone premium menawarkan kamera beresolusi tinggi dalam desain yang sangat ramping dan elegan.

ISOCELL Slim 2X7 juga dilengkapi dengan teknologi Tetracell, yang memungkinkan sensor mengambil foto lebih terang dalam gelap dan lebih detil di lingkungan yang terang. Tetracell meningkatkan kinerja dalam situasi cahaya rendah dengan menggabungkan empat piksel tetangganya untuk bekerja sebagai satu kesatuan untuk meningkatkan kepekaan cahaya. Di lingkungan yang terang, Tetracell menggunakan algoritma re-mosaik untuk menghasilkan gambar resolusi penuh. Hal ini memungkinkan konsumen untuk menggunakan kamera depan yang sama untuk mengambil foto dalam berbagai kondisi pencahayaan.

"Samsung ISOCELL Fast 2L9 dan ISOCELL Slim 2X7 adalah sensor kamera baru yang sepenuhnya memanfaatkan teknologi piksel canggih Samsung, dan sangat serbaguna karena dapat ditempatkan di depan dan belakang smartphone," kata Ben K. Hur, Wakil Presiden System LSI Marketing di Samsung Electronics. "Samsung berencana untuk mengembangkan lebih lanjut kategori produk Dual Pixel dan 0.9μm-pixel, dan memperluas perangkat yang dapat digunakan untuk sensor gambar ISOCELL yang dapat meningkatkan pengalaman memotret bagi konsumen."