Samsung perluas ekosistem IoT lewat ARTIK 051


Samsung Electronics berencana untuk menargetkan pasar peralatan rumah tangga pintar dengan memperluas portofolio platform IoT (Internet of Things) yang disebut 'ARTIK'. Strateginya adalah untuk secara aktif merespon permintaan dari industri yang mencoba mengembangkan peralatan rumah tangga pintar dengan menggunakan ARTIK.

Menurut sumber industri di Korea, Samsung akan merilis platform IoT barunya yang disebut 'ARTIK 051' di Korea Selatan dalam waktu dekat.

"ARTIK baru ini adalah platform IoT yang bisa diterapkan pada peralatan rumah tangga," kata perwakilan Samsung Electronics. "Ini adalah produk yang bisa digunakan oleh konsumen dan perusahaan umum."

Dari seri ARTIK 0, 5, 7, dan 10, ARTIK 051 termasuk dalam seri 0 yang merupakan yang terkecil dari keempat seri tersebut. Tampaknya ARTIK 051 adalah versi follow-up dari 'ARTIK 053' yang menggunakan komunikasi Wi-Fi diikuti oleh 'ARTIK 020' dan 'ARTIK 030' yang menggunakan komunikasi Bluetooth dan ZigBee.

Industri melihat bahwa Samsung telah mengembangkan produk ARTIK baru ini sambil berfokus pada Wi-Fi yang telah muncul sebagai teknologi komunikasi utama untuk peralatan rumah tangga pintar. Selain Samsung, banyak produsen peralatan rumah tangga terkenal yang mengenalkan peralatan rumah tangga pintar yang dilengkapi fungsi Wi-Fi satu per satu karena Wi-Fi memiliki jangkauan komunikasi yang luas dan efisien dalam pengiriman data. Rencana Samsung adalah untuk memperkuat portofolio ARTIK dengan merilis produk ARTIK tambahan yang mendukung Wi-Fi di atas jajaran ARTIK yang sudah ada saat ini.

Dengan merilis ARTIK 051, Samsung dapat merespons permintaan dari pasar peralatan rumah tangga pintar yang berkembang karena perusahaan kecil dan menengah Korea Selatan juga mengembangkan peralatan rumah tangga dengan teknologi IoT satu per satu. Perusahaan seperti Cuchen, Soosang ST, Coway, NUC, dan SNC baru-baru ini mengembangkan peralatan rumah tangga IoT baru dengan menggunakan ARTIK. Ketika Samsung melakukan diversifikasi produk ARTIK yang dapat diterapkan ke peralatan rumah tangga IoT, produk tersebut akan dapat mengembangkan produk yang disesuaikan untuk pasar tertentu.

"Platform ARTIK dapat diimplementasikan ke seluruh area IoT dari modul, infrastruktur cloud, keamanan, dan layanan aplikasi," kata seorang perwakilan untuk industri ini. "Akan ada lebih banyak produsen peralatan rumah tangga yang mencari ARTIK karena kenyamanannya dalam pengembangan."

Portofolio ARTIK kemungkinan besar juga akan diperluas lebih banyak lagi ketika produk ARTIK baru Samsung, yang disebut sebagai generasi ketiga ARTIK, dirilis bulan ini. Sejak tahun 2015, Samsung telah meningkatkan produk ARTIK dan merilis produk ARTIK baru setiap tahunnya. ARTIK generasi ketiga diharapkan menjadi elemen penting strategi Samsung Electronics untuk menerapkan AI (Artificial Intelligence) dan IoT ke seluruh peralatan rumah tangga pintar mulai tahun depan.