Samsung luncurkan Connect Tag, perangkat pertama di dunia dengan jaringan seluler NB-IoT


Samsung Electronics hari ini meluncurkan Samsung Connect Tag - cara baru untuk melacak orang-orang terkasih, barang berharga dan semua hal dalam kehidupan.

Samsung Connect Tag adalah produk mobile konsumen pertama di dunia yang menggunakan teknologi jaringan narrowband (NB-IoT, Cat.M1), standar komunikasi seluler yang dirancang khusus untuk pemanfaatan data kecil, konsumsi daya rendah dan kemampuan untuk terhubung dengan aman ke internet untuk layanan lokasi yang optimal. Samsung Connect Tag menawarkan notifikasi lokasi pintar berdasarkan jaringan NB-IoT atau Cat.M1, memanfaatkan layanan internet lengkap untuk mengidentifikasi informasi lokasi untuk meningkatkan keamanan keluarga dan ketenangan pikiran.

Samsung Connect Tag akan bekerja dengan GPS, Wi-Fi berbasis posisi (WPS) dan Cell ID, sehingga dapat menerima informasi lokasi yang akurat baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan untuk pelacakan lokasi yang mudah. Ini bisa dilekatkan pada ransel anak kecil sehingga keberadaannya dapat dilacak, dipasangkan pada kerah anjing sehingga tidak hilang, dan dilekatkan dengan gantungan kunci sehingga tidak hilang. Kemampuan pelacakan dan notifikasi ini akan meminimalkan kecemasan akan item favorit pengguna atau orang yang dicintai, menawarkan cara menarik untuk menggunakan teknologi untuk meningkatkan keamanan keluarga dan gaya hidup yang disempurnakan.

Melanjutkan komitmen Samsung terhadap pengalaman IoT yang mulus di seluruh perangkat, Samsung Connect Tag akan dikaitkan dengan ekosistem SmartThings, bekerja sama dengan peralatan rumah pintar (smart home) pengguna melalui Works with SmartThings. Fitur geo-fence pada Samsung Connect Tag akan memberi tahu perangkat pintar yang dipilih pengguna saat dia mendekat - jadi jika pengguna menginginkan lampu dan TV menyala saat pulang dari perjalanan malam, Samsung Connect Tag dapat memicu produk ini ketika pengguna memasuki zona pre-define, sehingga pengguna akan mendapatkan pemberitahuan saat anak memasuki halaman sekolah atau anjing melompat pagar halaman belakang.

Samsung Connect Tag juga menawarkan beberapa fitur utama untuk meminimalkan kecemasan dan meningkatkan kegunaan. Jika pengguna kehilangan mobil di tempat parkir luar yang besar, fungsi on-demand akan memungkinkan permintaan lokasi Connect Tag bila diinginkan, cukup dengan menekan sebuah tombol pada smartphone.

Fungsi Send my location akan mengirimkan lokasi mereka saat ini ke pengasuh mereka, sehingga bahkan anak kecil pun bisa memberi tahu Anda di mana dia berada dan dapat menjemputnya dengan selamat. Selain itu, pemberitahuan lokasi berkala akan menunjukkan jejak lokasi yang dicintai.


Connect Tag memiliki ukuran yang kompak, berukuran 4,21 sentimeter dan tebal 1,19 sentimeter, serta rating IP68 water and dustproof untuk daya tahan. Baterai bisa bertahan hingga tujuh hari dengan sekali charge, meminimalkan kebutuhan untuk terus-menerus menukar atau memasang perangkat. Connect Tag hadir dengan cincin eksklusif yang mudah menempel pada tas, kerah atau gantungan kunci.

Connect Tag akan dipamerkan di Samsung Developer Conference 2017 pada tanggal 18-19 Oktober di Moscone Center di San Francisco, California, Amerika Serikat. Ini akan tersedia untuk pembelian mulai di Korea Selatan sebelum diperluas ke negara-negara terpilih lainnya dalam beberapa bulan mendatang.

Spesifikasi Samsung Connect Tag
Dimensi / Berat
42,1 x 42 x 11,9 mm / 25 gram
Seluler IoT
NB-IoT, Cat.M1
GPS
GPS, GLONASS
Sensor
Accelerometer
SIM
eSIM
Konektivitas
BLE, Wi-Fi (WPS & FOTA), mUSB 2.0
Baterai
300mAh
Konektivitas
Bluetooth v4.2, Wi-Fi b/g/n, NFC, GPS/GLONASS/Beidou
Ketahanan Air dan Debu
IP68
OS
Tizen IoT
KeamananTrustZone
OCF
OCF 1.1
Dukungan OS
Android M dan versi yang lebih tinggi
Aplikasi PengendaliSamsung Connect / aplikasi pengendali Connect Tag