Pimpinan dan CEO Samsung mengundurkan diri (Bagian 1)


Samsung Electronics hari ini mengumumkan Wakil Ketua Kwon Oh-Hyun (권오현) berencana untuk mengundurkan diri sebagai kepala Samsung Device Solutions Business dan tidak akan mengikuti pemilihan kembali sebagai anggota Dewan Direksi dan Ketua Dewan saat masa jabatannya berakhir pada bulan Maret 2018. Wakil Ketua Kwon juga akan mengundurkan diri sebagai Chief Executive Officer (CEO) Samsung Display.

Lewat surat yang dikirim ke semua karyawan, Wakil Ketua Kwon mengatakan bahwa pengumuman pengunduran dirinya adalah hal tersulit baginya, tapi sekarang adalah saat yang tepat dan dia yakin keputusannya adalah demi kepentingan terbaik Samsung.

"Ini adalah sesuatu yang selama ini saya pikirkan dalam waktu lama dan sulit. Ini bukan keputusan yang mudah, tapi saya merasa tidak bisa lagi menundanya," kata Wakil Ketua Kwon. "Karena kita sedang menghadapi krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya di dalam, saya percaya bahwa saat ini telah tiba bagi perusahaan untuk memulai lagi, dengan semangat baru dan kepemimpinan muda untuk merespons tantangan yang timbul dari industri IT yang berubah dengan cepat."

Wakil Ketua Kwon menyatakan bahwa selama 32 tahun terakhir saat menjabat sebagai peneliti sekaligus CEO di Samsung, dia telah menyaksikan bagaimana perusahaan terbesar di Korea itu muncul sebagai pemimpin global dalam bisnis semikonduktor dan bahwa dia memiliki "rasa bangga dan kehormatan yang mendalam telah ikut mengambil bagian di dalam perjalanan kesuksesan perusahaan yang luar biasa."

"Tidak ada kata-kata yang bisa menggambarkan betapa bangganya saya bahwa kami membangun bersama salah satu perusahaan yang paling berharga di dunia. Kami telah menempuh perjalanan panjang untuk menciptakan perusahaan yang benar-benar mengubah cara orang hidup, bekerja dan berkomunikasi satu sama lain."

"Tapi sekarang perusahaan membutuhkan pemimpin baru yang lebih dari sebelumnya dan sekarang saatnya saya pindah ke bab berikutnya dalam hidup saya." Dia mengakhiri ucapannya kepada para karyawan dengan mengatakan, "Saya ingin berbagi rasa kebanggaan dan kehormatan saya dengan Anda, dan terima kasih atas dedikasi masing-masing dan komitmen Anda kepada perusahaan ini."

Wakil Ketua Kwon bergabung dengan Samsung pada tahun 1985 sebagai peneliti dari divisi Semiconductor Research Institute milik Samsung di Amerika Serikat. Dia juga menjabat sebagai presiden dan kepala Divisi Sistem LSI dan sebagai presiden dan kepala Bisnis Semikonduktor sebelum menjadi CEO Samsung pada tahun 2012. Dia juga pernah menjabat sebagai CEO Samsung Display sejak 2016.