Samsung mulai produksi memori UFS untuk otomotif pertama di dunia


Samsung Electronics hari ini memperkenalkan solusi embedded Universal Flash Storage (eUFS) pertama yang diluncurkan di industri untuk digunakan pada aplikasi otomotif generasi mendatang. Terdiri dari versi 128 gigabyte (GB) dan 64GB, solusi eUFS baru telah dirancang untuk advanced driver-assistance systems (ADAS), panel dasbor dan sistem infotainment generasi mendatang yang menyediakan fitur terhubung komprehensif untuk pengemudi dan penumpang di seluruh dunia.

"Kami mengambil langkah besar dalam mempercepat pengenalan ADAS generasi mendatang dan sistem infotainment otomotif dengan menawarkan solusi eUFS pertama di industri untuk pasar yang jauh lebih awal dari perkiraan," kata Han Jin-man, Wakil Presiden Senior Memory Product Planning & Application Engineering di Samsung Electronics. "Samsung memimpin pasar memori untuk aplikasi otomotif yang canggih, sambil terus memberikan solusi UFS terdepan dengan kinerja, kepadatan dan keandalan yang lebih tinggi."

Solusi embedded UFS telah digunakan di berbagai aplikasi mobile sejak awal 2015, saat Samsung mengenalkan memori embedded 128GB berdasarkan standar JEDEC UFS 2.0, untuk pertama kalinya di industri ini. Sejak saat itu, kinerja tinggi dan kualitas UFS yang telah terbukti telah menyebabkan adopsi yang luas pada sejumlah besar perangkat mobile dari smartphone flagship pada awalnya, juga sekarang di pasar menengah.

Dikonfigurasi dengan standar UFS yang paling mutakhir (JEDEC UFS 2.1), Samsung eUFS yang baru akan memberikan kecepatan transfer data yang canggih dan kehandalan data yang kuat. Misalnya, Samsung eUFS 128GB baru dapat membaca data hingga 850 megabyte per detik (MB/s), yang kira-kira 3,4 kali lebih cepat dari kecepatan baca 250M/s dari solusi eMMC 5.0 saat ini. Ini juga menawarkan sekitar 6,3 kali pembacaan acak lebih cepat daripada eMMC pada 45.000 IOPS. Ini akan memberikan kontribusi pada peningkatan kinerja sistem infotainment otomotif yang lebih baik untuk mengelola konten audio dengan lebih baik, meningkatkan ketepatan navigasi, mengakses lalu lintas dan laporan cuaca melalui jaringan Internet, memperbaiki penanganan perintah suara handsfree, dan mempercepat interaksi media di kursi belakang.


Solusi eUFS yang baru juga dilengkapi dengan proses penanganan kesalahan yang efisien dan andal, yang penting untuk in-vehicle infotainment (IVI) generasi mendatang. Berdasarkan protokol MIPI UniPro, eUFS memungkinkan untuk mendeteksi dan memulihkan kesalahan I/O pada lapisan perangkat keras, tanpa harus melibatkan host perangkat lunak atau memulai ulang semua task.

Selain itu, Samsung eUFS mendukung fitur refresh data canggih dan notofikasi suhu untuk keandalan sistem yang superior. Operasi refresh data lanjutan memungkinkan pilihan metode refresh, dan memberikan informasi tentang unit efresh, frekuensi, dan kemajuan untuk kontrol perangkat induk. Hal ini memungkinkan keandalan data yang optimal, elemen penting dari aplikasi otomotif.

Ketika sampai pada manajemen termal, Samsung eUFS melengkapi sensor suhu di dalam controller untuk mengaktifkan kontrol suhu perangkat yang sangat andal. Ini mencegah eUFS melewati batas atas dan bawah yang terdefinisi dengan baik, sehingga memungkinkan sel NAND untuk berfungsi dengan sempurna di dalam lingkungan suhu otomotif yang tangguh.

Mengingat kinerja dan keandalan tinggi eUFS, Samsung mengharapkan adopsi yang cepat di pasar otomotif. Samsung akan terus memenuhi kebutuhan penyimpanan yang terus meningkat dari produsen otomotif terkemuka dengan menawarkan berbagai varian eUFS lanjutan, sementara juga menangani permintaan yang terus meningkat untuk solusi memori terdepan di segmen pasar lainnya juga secara lebih menyeluruh.