Samsung bergabung dengan EdgeX Foundry


EdgeX Foundry, sebuah proyek open source yang membangun kerangka umum untuk komputasi Internet of Things (IOT) edge, hari ini mengumumkan bahwa Samsung Electronics telah bergabung sebagai anggota Platinum. Berpartisipasi dalam EdgeX Foundry akan mendukung upaya Samsung di sektor industri IoT sambil memperluas pasar komponen dan perangkat EdgeX yang kompatibel.

"Potensi sebenarnya dari IoT akan direalisasikan dengan solusi yang melintasi sektor konsumen dan industri. Sebagai salah satu perusahaan manufaktur terbesar di dunia, memiliki IoT yang mulus di seluruh wilayah bisnis dan pabrik kami akan merampingkan operasional dan mendorong efisiensi, namun interoperabilitas adalah sebuah tantangan besar," kata Lee Kyeong-woon, Senior Vice President di Samsung Electronics. "EdgeX Foundry memberikan interoperabilitas, fleksibilitas dan skalabilitas yang dibutuhkan bisnis untuk menerapkan solusi Industrial IoT tanpa ragu, dan ini akan memungkinkan kami menciptakan solusi edge ringan yang dapat mendukung operasi real-time untuk infrastruktur manufaktur kami."


EdgeX Foundry adalah proyek kolaborasi milik Linux Foundation (seperti halnya Tizen) yang membangun kerangka interoperabilitas terbuka yang berada di dalam platform referensi perangkat lunak yang full hardware dan OS-agnostik untuk memungkinkan ekosistem komponen plug and play yang menyatukan pasar dan mempercepat penyebaran solusi IoT. Dirancang untuk berjalan pada perangkat keras atau sistem operasi manapun dan dengan kombinasi lingkungan aplikasi, EdgeX dapat dengan cepat dan mudah menghadirkan interoperabilitas antara perangkat, aplikasi, dan layanan yang terhubung, di berbagai kasus penggunaan.

"Samsung adalah kontributor aktif dalam komunitas open source dan telah menjadi pendorong utama di balik standarisasi IoT yang mendukung perangkat konsumen dan teknologi smart home," kata Philip DesAutels PhD, Direktur Senior IoT di Linux Foundation. "Pengalaman manufaktur mereka dikombinasikan dengan keahlian mereka dalam elektronik konsumen, perangkat seluler dan solusi enterprise akan sangat penting untuk pengembangan EdgeX Framework, dan kami sangat antusias untuk menyambut mereka ke dalam komunitas."


EdgeX Foundry telah berkembang pesat lewat dukungan hampir 60 anggota sejak diluncurkan pada bulan April 2017 dan didukung oleh komunitas yang aktif. Lebih dari 150 orang dari seluruh dunia telah bergabung dalam pertemuan face-to-face EdgeX Foundry selama musim panas untuk menyesuaikan tujuan proyek, mengembangkan kelompok kerja dan mendiskusikan langkah selanjutnya untuk proyek ini. EdgeX Foundry juga telah meluncurkan serangkaian sesi pelatihan teknis yang disebut Tech Talks yang dirancang untuk membantu pengembang onboard baru ke proyek tersebut. Informasi tambahan tentang Tech Talks ini, pertemuan EdgeX Foundry yang akan datang dan bagaimana cara berpartisipasi tersedia di https://wiki.edgexfoundry.org.