Samsung adakan Open Network Operating System BUILD 2017


Pengembang Software-Defined Networking (SDN) dan kontributor dari seluruh dunia akan berkumpul untuk bermigrasi ke masa depan dengan berbagi, belajar dan bermain-main bersama untuk membawa open source ke kelas operator telekomunikasi.

Samsung Electronics dan Open Networking Foundation (ONF) bersama-sama akan menjadi tuan rumah konferensi ONOS (Open Network Operating System) BUILD 2017 yang akan diadakan di Samsung R&D Center di Seoul, Korea, dari tanggal 20 sampai 22 September. ONOS BUILD adalah sebuah konferensi pengembang berskala besar dimana pakar industri berkumpul untuk berbagi, berdiskusi dan meretas bersama untuk membangun solusi SDN dan Network Functions Virtualization (NFV) generasi berikutnya menggunakan ONOS. ONOS adalah sistem operasi jaringan SDN sumber terbuka yang dirancang untuk memastikan solusi kelas operator telekomunikasi.

Lewat penyelenggaraan BUILD ONOS kedua setelah yang pertama di Prancis tahun lalu, akan ada lebih dari 300 peserta di seluruh industri, mulai dari pengembang sumber terbuka dan kontributor dari komunitas akademik hingga operator dan vendor. Acara tahunan akan terdiri dari peta jalan ONOS, Central Office Re-architected as a Data Center (CORD) sebagai kasus penggunaan ONOS, pameran komunitas dan Hackathon.

Sejalan dengan kesadaran dan persepsi industri telekomunikasi yang semakin terbuka, acara tahun ini diharapkan dapat bertindak sebagai katalisator yang akan mendorong komersialisasi kelas operator telekomunikasi di pasar telekomunikasi global. Ini merupakan lompatan signifikan dari acara peresmian tahun lalu yang diorganisir dengan tujuan membangun fondasi awal yang kuat untuk teknologi SDN.

"Inovasi untuk generasi berikutnya akan dilepaskan oleh komunitas sumber terbuka, dan saya yakin bahwa ONOS adalah bagian integral utama dalam membuka jalan bagi arsitektur yang didefinisikan melalui perangkat lunak," kata Chong So-hyong, Wakil Presiden Virtualization Platform Lab di Samsung Elektronics. "Samsung sangat antusias untuk berkontribusi dan menghubungkan pengembang yang mendorong inovasi untuk membuat tantangan visioner baru ke dalam jaringan SDN yang sesungguhnya."

"Sejak bergabung dengan proyek ONOS pada tahun 2016, Samsung telah secara aktif berkontribusi dalam pengembangan setiap rilis dan bekerja sama dengan komunitas untuk membantu mengembangkan solusi komersial tingkat SDN," kata Guru Parulkar, Direktur Eksekutif ONF. "Kami senang mereka secara sukarela menjadi tuan rumah ONOS Build tahun ini, mempertemukan komunitas pengembang besar yang memiliki pengalaman luas dalam mengerjakan SDN. Mereka yang berkumpul minggu ini memiliki ketertarikan untuk mendorong ONOS SDN Controller dan proyek terkait yang mengandalkan ONOS. Upaya global ini akan membantu lebih jauh kerja ONF dan dampak luas yang kita hadapi di industri jaringan."

Samsung telah terlibat dalam komersialisasi produk virtual bekerjasama dengan operator Korea terkemuka dan secara aktif bekerja menuju perluasan solusi virtual seperti solusi network slicing yang sepenuhnya otomatis. Samsung berencana untuk mengadakan beberapa percobaan mulai dari akhir 2017. Lebih jelasnya tentang acara tersebut tersedia di http://onosbuild.org.