Mengenal berbagai standar rating tahan air dan anti air pada perangkat


Dalam beberapa tahun terakhir, dengan semakin banyaknya orang ingin membawa smartphone dan perangkat wearable mereka ke tempat-tempat yang beresiko tinggi terkena air, permintaan akan produk elektronik yang tahan air atau anti air menjadi terus meroket. Akibatnya, sejumlah standar internasional telah diterapkan untuk menguji ketahanan air, termasuk rating Ingress Protection (IP) yang ditetapkan oleh International Electrotechnical Commission (IEC) maupun berbagai standar yang dikeluarkan oleh International Organization for Standardization (ISO).


Rating IP - Ketahanan menangkal masuknya benda asing

Rating IP pada suatu perangkat terdiri dari dua angka dan diberikan dalam format IPXY (misalnya IP67). X adalah rating untuk masuknya secara fisik, atau seberapa tahan perangkat terhadap penetrasi benda padat asing seperti debu, dan berkisar antara 0 sampai 6. Sedangkan Y merupakan rating untuk masuknya cairan, atau seberapa tahan menerima penetrasi berupa cairan dalam berbagai kondisi, dan berkisar antara 0 sampai 8. Berikut adalah tabel yang merangkum rating perlindungan ini.


Nomor rating yang ditetapkan untuk setiap kategori menunjukkan bahwa perangkat yang diuji telah memenuhi persyaratan untuk setiap nilai sebelumnya. Misalnya, smartwatch Samsung Gear S3 yang memiliki rating IP68, telah memenuhi persyaratan rating untuk keenam tingkatan masuk benda padat dan delapan tingkatan masuknya benda cair. Dengan kata lain, dalam kondisi tertentu, Gear S3 dapat menahan perendaman dalam air tanpa disengaja hingga 1,5 meter selama 30 menit, serta kontak dengan debu berbahaya.

Sehingga sebuah fitness band atau smartwatch dengan rating IP68 bisa dipakai joging saat hujan atau mencuci piring. Rating IP tidak memperhitungkan tekanan air. Oleh karena itu, rating IP tidak menunjukkan kemampuan perangkat untuk digunakan selama aktivitas akuatik seperti berenang. Di sinilah ratingt ATM dibutuhkan.


Rating ATM - Ketahanan dibawah tekanan air

Sementara banyak produsen cenderung hanya mengikuti rating IP, beberapa secara independen menguji produk mereka untuk menentukan seberapa besar tekanan statis yang dapat ditahan saat terendam dalam air. Pengujian tekanan ini diukur di ATM - yang merupakan singkatan dari atmospheres (atmosfir) - dan dikonvrsi menjadi kedalaman air agar pengukuran lebih mudah dipahami.

Satu ATM setara dengan tekanan statis yang ditimbulkan oleh perendaman statis dalam air dengan kedalaman 10 meter. Semakin tinggi rating ATM, semakin dalam sebuah produk bisa digunakan di lingkungan air tanpa terpengaruh, karena air yang lebih dalam memberikan tekanan yang lebih besar. Tingkatan resistensi tahan air dari ATM secara mendasar bisa dijelaskan melalui tabel di bawah ini.


Sekali lagi, rating ini adalah untuk tekanan statis, yang berarti bahwa jika perangkat masih berada dalam ruang pengujian, ia dapat mentolerir tekanan sampai nilai rating dan akan tetap berfungsi dengan normal pada saat sudah dipindahkan dari ruang pengujian. Sebaliknya, setiap penerapan tekanan dinamis yang disebabkan oleh pergerakan pemakainya (seperti menyelam ke air, misalnya) akan meningkatkan tekanan paparan air. Jadi, menskipun sebuah fitness band yang memiliki rating 3 ATM bisa dengan mudah menahan air hujan, mungkin akan rusak jika disemprot air dengan selang yang kuat.


ISO 22810: 2010 - Standar Internasional

Standar International Organization for Standardization (ISO) ISO 22810:2010 menentukan prosedur pengujian terperinci yang mendefinisikan tidak hanya tekanan tetapi juga durasi pengujian, suhu air dan parameter lainnya untuk memberikan gambaran yang lebih akurat tentang ketahanan air dari sebuah jam tangan.

Produk diuji secara independen oleh produsen berdasarkan spesifikasi pengujian ISO. Mereka yang memenuhi standar ISO 22810: 2010 memenuhi empat persyaratan: ketahanan air terhadap tekanan berlebih, ketahanan air pada kedalaman dangkal, ketahanan air saat regangan ditempatkan pada komponen operasional dan ketahanan air pada paparan guncangan termal. Oleh karena itu, produk yang mematuhi standar ISO 22810: 2010 dianggap tahan terhadap air selama aktivitas akuatik dan dapat digunakan pada kondisi dimana tekanan dan suhu air bervariasi.

Dengan rating tahan air 5 ATM dan standar ISO 22810: 2010, Gear Sport dan Gear Fit2 Pro dari Samsung sudah teruji tahan terhadap tekanan air pada kedalaman 50 meter, yang berarti bahwa perangkat tidak hanya sanggup bertahan terhadap air hujan, tapi juga bisa dipakai untuk aktivitas berenang di perairan dangkal, misalnya di kolam renang atau sungai kecil.

Singkatnya, tidak semua perangkat yang diklaim "tahan air" atau "anti air" diciptakan sama. Oleh karena itu, penting untuk memahami rating ketahanan air untuk memastikan perangkat Anda memenuhi kebutuhan Anda dan sesuai dengan gaya hidup Anda.

Untuk rincian lebih lanjut tentang rating ketahanan air, kunjungi situs resmi dari International Electrotechnical Commission (IEC) dan International Organization for Standardization (ISO).