Lewat VirZOOM, Samsung Gear VR bisa digunakan untuk latihan kebugaran


VirZOOM adalah startup VR yang berusaha menggabungkan kebugaran dan teknologi dengan cara yang menyenangkan dan menarik. Didirikan di Cambridge, Massachusetts pada tahun 2015, VirZOOM berusaha untuk membuat kegiatan berolahraga menjadi menyenangkan dengan mengintegrasikan teknologi Virtual Reality (VR), seperti pada headset Samsung Gear VR , dengan aktivitas bersepeda.

Startup ini adalah hasil dari gagasan Eric Janszen, seorang pengusaha dan pengendara sepeda yang rajin, dan Eric Malafeew, kepala arsitek di Harmonix Music Systems, yang sebelumnya telah mengerjakan judul-judul terkenal seperti Guitar Hero, Dance Central dan Rock Band.

Apa yang mereka ciptakan adalah platform yang menggabungkan aktivitas bersepeda dengan virtual reality, yang memungkinkan pengguna bermain game dengan bersepeda. Perusahaan menciptakan dua perangkat keras untuk mewujudkannya. Pertama adalah sepeda VirZOOM seharga $399 dengan sensor terintegrasi yang melacak kecepatan pedal Anda dan memantau detak jantung Anda, serta tombol aksi dan pemicu gameplay.

Yang kedua adalah VZ Sensor seharga $99, yang berukuran seperempat dan sesuai dengan sepeda stasioner di rumah atau gym dan melacak kecepatan mengayuh dan menerjemahkan gerakan itu ke dalam aplikasi gamified.

Selain perangkat kerasnya, startup ini juga membangun Arcade VirZOOM, di mana mereka menerbitkan game dan tantangan baru serta pembaruan yang tersedia bagi semua pengguna. Game berkisar dari aktivitas bersepeda seperti biasanya hingga pemain yang mengendalikan Pegasus bersayap atau tank tempur, yang menawarkan sesuatu untuk pengguna yang lebih luas.

Awalnya terbatas pada headset VR yang tertambat, platform ini sekarang mendukung teknologi VR mobile, membukanya untuk audiens yang jauh lebih besar.

VirZOOM saat ini memiliki ribuan orang yang menggunakan teknologinya. "Mereka adalah orang-orang yang mungkin belum benar-benar menemukan sesuatu yang benar-benar mereka sukai dari perspektif kebugaran, dan VirZOOM adalah cara yang sangat menyenangkan untuk bisa bergerak," kata Spencer Honeyman, wakil presiden kemitraan strategis dari VirZOOM. "Pelanggan adalah orang yang cenderung ingin menjadi sehat, ingin aktif dan ingin bersenang-senang saat melakukannya."

Dari fokus awal untuk konsumen, VirZOOM mulai memperluas cakrawala dan mitra melalui rantai klub kebugaran dan bisnis lainnya. Di pameran Mobile World Congress Americas (MWC Americas) yang berlangsung antara 12-14 September di Moscone Center di San Francisco, VirZOOM menampilkan kemitraannya dengan Life Fitness. Modul VirZOOM dihubungkan ke sepeda stasioner Life Fitness yang baru dan mengakses firmware-nya, yang memungkinkan pengguna memainkan game VirZOOM di sepeda high-end.

Modul VirZOOM melacak kecepatan mengayuh di dunia nyata dan secara proporsional menerjemahkannya menjadi gerakan virtual. VirZOOM juga mengganti tombol resistansi yang ada pada setang sepeda Life Fitness sebagai pemicu gameplay.


"VirZOOM dengan GearVR adalah cara bagi gym untuk memberikan pengalaman kebugaran yang paling mendalam kepada anggota mereka," kata Honeyman. "Dengan memanfaatkan sepeda stasioner Life Fitness yang ada saat ini dan memanfaatkan kekuatan emotif VR, siapa pun bisa berkompetisi di VirVOOM 'vSports' dan menikmati saat mereka berolahraga."

Ini hanyalah salah satu contoh bagaimana VirZOOM memperluas penggunaan platformnya. Baru-baru ini, sepeda VirZOOM dengan headset Gear VR dipasang di Magic Mountain Six Flags, mengundang pengguna untuk bersaing dalam game tank. Dan inilah aspek multiplayer dari platform yang juga digunakan oleh VirZOOM untuk membuat pemain kembali ke platform.

Menurut statistik perusahaan, pengguna VirZOOM bermain rata-rata 38,5 menit per sesi, dan mereka menggunakan platform rata-rata 3,25 kali per minggu, yang secara signifikan lebih banyak daripada aplikasi VR lainnya.

Dengan memanfaatkan aspek sosial dari platform, VirZOOM dapat menciptakan model bisnis yang berkelanjutan di mana pengguna dapat melacak semua statistik mereka, membandingkan skor dengan teman dan papan peringkat, menantang pengguna lain dan mendapatkan kredit di aplikasi lain seperti Samsung Health.

VirZOOM sekarang berfokus pada perangkat lunak dan konten, mencari pengembang untuk membuat konten dengan merilis SDK agar semudah mungkin bagi pengembang untuk mengintegrasikan aplikasi gamify mereka ke Arcade VirZOOM.

"Kekuatan VR sangat besar, dan ada langkah yang sangat signifikan untuk membuatnya layak secara komersial buat segala jenis bisnis," pungkas Honeyman.