HARMAN rilis pembaruan software OTA untuk mobil


HARMAN International, anak perusahaan milik Samsung Electronics yang berfokus pada teknologi otomotif, pada hari Kamis (14/9) kemarin mengumumkan peluncuran solusi Remote Vehicle Updating OTA versi 11 , berdasarkan teknologi yang diperoleh HARMAN melalui akuisisi Redbend pada tahun 2015. Tujuh belas produsen mobil telah memilih solusi OTA HARMAN untuk 25 juta kendaraan, yang menjadikannya satu-satunya pilihan OTA yang ditempatkan secara komersial di pasar.

Kemampuan untuk memperbarui software otomotif secara over-the-air (OTA) telah menjadi keunggulan kompetitif bagi produsen mobil karena beberapa alasan. Pertama, solusi HARMAN OTA mengurangi kebutuhan untuk menarik ulang mobil yang telah dipasarkan dengan mengatasi kerusakan sistem dan ancaman keamanan dari jarak jauh. Selain itu, produsen mobil juga dapat menggunakan solusi OTA untuk mengurangi waktu peluncuran ke pasar dengan memperbarui software sementara kendaraan masih berada di jalur produksi serta menawarkan fitur dan fungsi baru bagi konsumen, menjaga hubungan langsung antara produsen mobil dan sopir, meningkatkan kesadaran merek mobil mereka dan loyalitas konsumen.

Penawaran Remote Vehicle Updating dari HARMAN adalah satu-satunya solusi OTA yang memungkinkan pengelolaan kendaraan secara efisien. Solusi footprint yang rendah memungkinkan pembaruan OTA dan pengelolaan mobil secara keseluruhan, mulai dari head unit sampai ECU terkecil, bahkan dengan sumber daya pemrosesan dan memori yang rendah. Solusi ini secara khusus dibangun untuk menghilangkan kegagalan, dengan menghadapi potensi risiko, seperti masalah jaringan, serangan keamanan cyber dan gangguan file, menghadirkan cara yang aman dan efisien buat produsen mobil untuk mengurangi risiko dan meningkatkan keamanan dan keselamatan.

Solusi HARMAN memanfaatkan teknologi Smart Delta unik yang mengurangi paket pembaruan file hingga 99 persen. Hal ini dilakukan dengan menghasilkan file update delta kecil yang hanya berisi perubahan yang dilakukan pada software dari versi sebelumnya. Hal ini memberikan kontribusi besar terhadap efisiensi dan biaya jaringan, serta meminimalkan waktu yang dibutuhkan agar pembaruan cepat selesai untuk menghasilkan pengalaman konsumen yang positif.

Selain itu, solusi OTA HARMAN memungkinkan efisiensi manufaktur dan logistik untuk produsen mobil dalam beberapa cara. Misalnya, penggelaran solusi:
  • Di lini produksi - menghilangkan bootle neck saat proses flashing software
  • Selama proses pengiriman - menyederhanakan rantai pasokan software dan menghilangkan ketergantungan
  • Di dealer - membuat proses pembaruan software menjadi lebih cepat dan mengurangi frustrasi konsumen

OTA versi 11 juga berfungsi sebagai infrastruktur dasar untuk solusi cloud otomotif Ignite milik HARMAN yang sudah memenangkan berbagai penghargaan. Versi 11 mencakup pembaruan dari versi solusi sebelumnya dan dilengkapi UI baru yang memberikan pengalaman pengguna yang lebih mulus untuk produsen mobil. Pembaruan tambahan mencakup, kemampuan untuk:
  • Pembaruan ECU dari berbagai ukuran atau ECU dengan sumber daya terbatas - pembaruan kecil hingga besar dapat dilakukan ke keseluruhan kendaraan
  • Dukung setiap platform ECU (Linux, RTOS, AUTOSAR) dan BUS di dalam kendaraan (CAN Bus, Ethernet, MOST, LIN)
  • Perlindungan yang lebih selama proses pembaruan dan memungkinkan terjadinya mitigasi risiko selama pembaruan, kegagalan jaringan, atau kegagalan daya
  • Untuk diterapkan pada setiap OS dengan penyebaran backend yang tersedia di cloud atau premis pelanggan
  • Pembaruan semua jenis software - firmware, sistem operasi, peta, file konfigurasi dan konten

"Kami sangat antusias melihat bahwa lebih dari 25 juta kendaraan di jalan dapat diperbaharui secara handal menggunakan solusi OTA kami dan lebih dari 100 juta mobil yang terhubung [connected car] telah dikontrak untuk menerapkan teknologi OTA HARMAN. Kami telah menggunakan pengetahuan dan pengalaman kami untuk terus melakukan perbaikan terhadap teknologi kami, sehingga pengguna akhir merasakan keamanan, keandalan, dan efisiensi yang tak tertandingi yang menyertainya dengan mengendarai connected car," kata Oren Betzaleli, vice president dan general manager HARMAN International. "Kami menantikan masa depan karena kami terus mengembangkan solusi dan layanan baru yang mengubah pasar otomotif dan mempersonalisasi pengalaman berkendara."