Happy 6th Birthday Tizen! Selamat ulang tahun yang ke-6 Tizen!


Enam tahun lalu, tepatnya 27 September 2011, Linux Foundation dan LiMo Foundation mengumumkan peluncuran sebuah proyek open source baru Tizen yang akan menjadi basis standar untuk arsitektur software lintas-platform yang mendukung berbagai perangkat. Tizen adalah kelanjutan dari platform LiMo (Linux Mobile) yang diusung oleh 8 perusahaan anggota LiMo Foundation, yaitu ACCESS, Panasonic Mobile Communications, NEC CASIO Mobile Communications, NTT DOCOMO, Samsung, SK Telecom, Telefónica dan Vodafone.

Di saat yang sama, Intel juga mengumumkan akan mendukung Tizen dengan mengorbankan Meego. Pengumuman yang ditulis di blog resmi MeeGo ini membuat banyak orang dan media berspekulasi bahwa Tizen adalah penerus MeeGo, apalagi keduanya memiliki akar yang sama di Linux. Namun sejatinya Intel sendiri sebagai pengusung OS MeeGo bersama Nokia sebelumnya, menyanggah kalau Tizen adalah penerus dari MeeGo.

"Pada perangkat mobile, jelas, situasinya akan berbeda dalam hal penyebaran," kata Imad Sousou, direktur Intel Open Source Technology Center. "Karena hanya ada sebagian kecil dari ponsel Meego yang telah digunakan, Intel telah memutuskan untuk tidak membebani Tizen dengan warisan API dari MeeGo."

Tetapi tidak semua komponen Tizen berbeda dengan MeeGo, ada beberapa kesamaan dari hasil kerja yang dilakukan oleh Intel pada MeeGo dan yang dilakukan oleh Samsung pada LiMo, seperti sistem file dan distribusi OS Linux serta komponen lain yang bersifat open source.

"Hal yang perlu diingat adalah bahwa Meego dan hasil kerja yang sudah dilakukan terutama oleh Samsung dan LiMo selama ini sedikit memiliki akar yang sama," kata Sousou.


Arti dari kata Tizen

Tizen, seperti yang pernah diungkapkan oleh Dawn Foster, manajer komunitas dari Intel Open Source Technology Center waktu awal-awal peluncuran Tizen, adalah nama yang tajam dan kuat yang sesuai dengan cakupan dan kemampuan dari sistem operasi open source ini. Nama Tizen dibuat dengan menggabungkan konektivitas dari "tie," aktivitas dari "rise" dan kualitas meditatif dari "Zen."

Awalnya Tizen memiliki maskot yang diberi nama Tizen Genie yang diciptakan oleh Tipping Gardner, sebuah perusahaan konsultan strategi dan desain merek yang berbasis di New York. Dan pada 20 November 2012, maskot Tizen berganti menjadi Tizen Pinwheel.

Sebagai obyek yang sederhana, dan dipahami secara global, logo baru yang dibuat oleh SomeOne, sebuah perusahaan desainer kreatif yang berbasis di London, mencakup semua hal yang merepresentasikan tentang Tizen. Pinwheel ini "simple" untuk memulai dan "magical" untuk digunakan, dia datang ke kehidupan untuk berinteraksi dengan manusia dan memungkinkan kita untuk berhubungan dengan satu sama lain. Sebagai obyek yang "free" yang akan dibuat oleh siapa pun, Pinwheel mencerminkan sifat open source dari produk Tizen.