Bisnis IoT Samsung mulai mendapat pijakan kuat di pasar


Samsung Electronics mulai mendapatkan traksi di dalam industri internet of things (IoT) berkat penguasaan teknologi komunikasi mobile yang canggih yang terus berkembang biak menjadi teknologi perangkat yang terhubung.

Yang pertama, Samsung telah menjadi penyedia solusi LoRaWAN untuk SK Telecom untuk membantu operator telekomunikasi ini menggelar layanan internet of small things (IoST). Samsung juga bekerja sama dengan operator lain yaitu KT dan LG Uplus untuk mengkomersialkan layanan jaringan narrowband IoT (NB-IoT).

LoRaWAN adalah singkatan dari "long-range, wide-area network" dan NB-IoT adalah standar teknologi wide area berbasis selular Third Generation Partnership Project (3GPP) yang rendah daya.

Samsung setuju bekerja sama dengan SK Telecom untuk menyebarkan jaringan LoRaWAN di bulan Juni tahun lalu. Dengan teknologi baru seperti IoT yang mensyaratkan penggunaan energi yang jauh lebih efisien, LoRa sering disebut sebagai alternatif sistem jaringan terbaik untuk mengirimkan sejumlah kecil dari data untuk jarak jauh dengan biaya yang lebih murah.

Samsung juga menyediakan sistem NB-IoT buat KT dan LG Uplus di bulan April untuk satu sampai dua bulan layanan percontohan sebelum mereka meluncurkan jaringan komersial NB-IoT pertama di dunia di bulan Juni. Dengan konsumsi yang rendah daya dan efektivitas biaya, teknologi NB-IoT bisa diterapkan untuk beragam model layanan untuk otomatisasi individu dan industri, seperti sebagai perangkat metering, smart factory, pelacakan kargo dan pelacakan lokasi dari anak-anak dan barang.


Strategi IoT Samsung adalah menggabungkan teknologi dan sistem jaringan dengan kepemimpinan di semua unit bisnis mereka, termasuk elektronik konsumen dan chipset. Dan sinergi ini membuat posisi Samsung menjadi unik, dan menjadi satu-satunya perusahaan yang sudah bisa mendapatkan keuntungan dari aset IoT mereka dalam kepemimpinan industri berkelanjutan.

Samsung juga telah meningkatkan statusnya di dalam 5G Automotive Association (5GAA) dan telah terpilih untuk menduduki posisi anggota dewan di bulan Mei. 5GAA yang didirikan pada bulan September tahun lalu, beranggotakan produsen mobil dan operator telekomunikasi, dan berfokus pada pengembangan dan komersialisasi mobil tanpa sopir yang didukung oleh teknologi jaringan generasi kelima atau 5G.

Peningkatan status ini datang setelah Samsung dinyatakan resmi mengakuisisi Harman International Industries di Maret dan perusahaan otomotif asal Amerika Serikat ini memiliki keuntungan yang kompetitif dengan memiliki banyak klien besar untuk sistem connected car.

Samsung mengharapkan bahwa kombinasi dari keahlian Harman dengan pengalaman mereka sendiri di industri perangkat mobile, jaringan nirkabel dan pembuatan chipset akan berfungsi untuk memberdayakan misi 5GAA untuk mempercepat komersialisasi dari sistem komunikasi dalam kendaraan tanpa sopir.