Baterai mobil listrik Samsung SDI bisa menempuh 700km


Saat berlangsungnya Frankfurt Motor Show (IAA Cars 2017) yang mulai dibuka pada hari Selasa (12/9) kemarin, Samsung SDI memamerkan berbagai produk dan teknologi yang terkait dengan mobil listrik. Dan yang paling menarik perhatian pengunjung adalah “Multifunctional battery pack.”

Dengan multifunctional battery pack, pengguna dapat mengubah jumlah modul yang mereka inginkan seolah-olah mereka menempatkan buku di rak. Misalnya, jika 20 modul yang dipasang di mobil premium, bisa digunakan untuk menempuh jarak 600 hingga 700 kilometer untuk sekali pengisian daya. Jika 10 sampai 12 modul yang terpasang seperti pada sedan biasa, dapat digunakan untuk menempuh perjalanan hingga 300 kilometer. Paket ini diharapkan bisa menarik produsen mobil listrik, karena mereka dapat merancang sebuah mobil yang mungkin berbeda tergantung pada berapa banyak modul dari battery pack yang dipasang.

Terobosan lain yang dipamerkan Samsung SDI adalah “Low Height Cell.” Ini adalah cell baterai yang tingginya telah berkurang lebih dari 20 persen dibandingkan cell-cell lain yang sudah ada. Jika sel ini diterapkan, dapat menurunkan ketinggian beban baterai dalam mobil listrik. Jika ketinggian berkurang, ruang interior akan lebih bisa dimanfaatkan, memungkinkan produsen mobil untuk mengembangkan mobil listrik dengan berbagai desain.

Samsung SDI juga menampilkan cell dan modul yang didasarkan pada standar baru baterai silinder 21.700. Baterai '21700' memiliki diameter 21 milimeter dan tinggi 70 milimeter. Kapasitasnya adalah 50 persen lebih besar dari baterai 18.650 yang ada (diameter 18 milimeter dan tinggi 65 milimeter). Ukurannya adalah optimal untuk memaksimalkan kapasitas, life dan output secara bersamaan. Baterai baru mengalahkan baterai dalam berbagai ukuran lainnya dalam hal beratnya yang lebih ringan dan juga harganya. Baterai 21.700 menarik perhatian dari produsen global utama sebagai standar generasi berikutnya yang dapat diterapkan untuk segala macam produk termasuk kendaraan listrik, ESS dan alat-alat listrik.

"Produk kami yang diresmikan lewat acara ini diharapkan bisa ikut mempopulerkan kemajuan mobil listrik karena semuanya menggunakan teknologi tinggi yang dioptimalkan untuk kebutuhan pelanggan dan pasar,” kata Jun Young-hyun, Presiden Samsung SDI. “Kami akan terus memimpin industri baterai dengan teknologi kami yang tak tertandingi.”

Samsung SDI telah membangun sebuah pabrik baterai mobil listrik di Hungaria pada bulan Mei, menyelesaikan tripod produksi di seluruh dunia melalui pabrik di Ulsan, Korea Selatan dan Xian, China.