Samsung India kembangkan fitur Social Camera buat Generasi Milenial


Ponsel kamera telah mengubah pemikiran fotografi tradisional, sehingga memungkinkan jutaan orang di seluruh dunia untuk menangkap momen favorit mereka. Yang juga menjadi kehebatan adalah seberapa cepat orang berbagi momen yang tertangkap di media sosial.

Ambil contoh kasus di India, salah satu negara yang memiliki jumlah pengguna WhatsApp dan Facebook tertinggi di dunia. Mengambil foto dan membagikannya di jejaring sosial adalah fitur yang paling sering digunakan di smartphone.

Munculnya kamera sebagai faktor pendorong utama dan tren pertumbuhan berbagi foto di media sosial membuat Samsung R&D Institute, Bangalore (SRI-B) mengembangkan Social Camera untuk generasi milenial (millennial). SRI-B adalah pusat riset terbesar Samsung yang ada di luar Korea. Didirikan pada tahun 1996, SRI-B telah berkembang menjadi kontributor yang signifikan untuk produk canggih dan layanan dari Samsung, khususnya buat perangkat mobile seperti smartphone.

"Selama interaksi dengan generasi milenial, telah diamati bahwa berbagi secara instan dan memaksimalkan peredaran sosial adalah kebutuhan dasar anak muda saat ini. Begitu foto yang diambil masuk ke galeri, itu menjadi momen yang tidak pasti dan mereka merasa berada di balik sebuah perlombaan di dunia sosial," kata Girish Kulkarni, Direktur dari SRI-Bangalore.


Samsung Social Camera memungkinkan pengguna untuk langsung berbagi, mengedit dan menemukan konten. Pengguna dapat menyematkan kontak favorit dan media sosial mereka di dalam kamera dan membagikan momen mereka saat mereka mengekliknya saat itu juga. Pengeditan secara instan membantu konsumen menciptakan konten media sosial yang menarik saat dalam perjalanan dengan menerapkan live filters atau live stickers dan langsung membaginya dengan aplikasi media sosial.

Hal ini mengurangi ketergantungan pada aplikasi pengeditan gambar pihak ketiga. Fitur penemuan cepat (quick discovery) menambahkan dimensi baru melalui augmented reality camera yang memungkinkan pengguna menemukan lokasi fotografi, restoran dan area perbelanjaan yang populer di lingkungan sekitarnya.


Pengembangan aplikasi Social Camera melibatkan banyak kolaborasi antara tim yang ada di Samsung India. SRI-Bangalore mengembangkan Social Share, Live Filters, Live Stickers di dalam kamera smartphone, sementara SRI-Noida ikut berkontribusi dengan mengembangkan social footprint - Diferensiasi Geo-Like dan augmented reality.

Konsep penyematan kontak dan jejaring sosial ke kamera itu sendiri untuk berbagi secara instan (instant sharing), salah satu paten global milik tim UX, mengenalkan urgensi untuk berbagi foto hasil kamera tidak seperti sebelumnya. Kebutuhan akan urgensi juga mengurangi jarak antara kamera dan galeri di benak pengguna. Apa yang ditangkap konsumen dengan kamera mereka lebih banyak untuk berbagi dengan cepat daripada menyimpannya. Konsep penemuan cepat ini akan menangani kebutuhan yang muncul dari pengguna yang menyukai apa yang mereka potret, dan menginginkan agar hasil foto ini bisa segera diketahui, dihargai dan ditemukan oleh orang lain.

"Kami berharap konsumen India sangat menyukai Social Camera. Kami sudah merencanakan untuk menyebarluaskan konsep ini ke pasar internasional dan kemudian menerapkannya buat smartphone unggulan Samsung," kata Dr. Balvinder Singh, Wakil Presiden dari SRI-Bangalore.


Tim teknologi multimedia Samsung di Bangalore telah secara konsisten memberikan solusi terbaik dan pertama di dunia untuk kamera dan fitur multimedia yang inovatif untuk seri smartphone Samsung. Solusi ini telah dikembangkan dengan mengingat kebutuhan konsumen India.

Tim R&D India sebelumnya telah berkontribusi pada pengembangan fitur Motion Panorama di kamera Galaxy S7 yang memungkinkan konsumen untuk menangkap momen live events dengan sangat detil. Fitur Spotlight Selfie, yang menghadirkan lingkungan mirip studio dengan sumber cahaya virtual buat konsumen, juga dikembangkan di India.

SRI-B juga telah menyumbangkan 10-12 mode kamera utama (depan & belakang) di Samsung Galaxy S8 yang memenangkan penghargaan. Beberapa fitur multimedia utama di smartphone mencakup live media streaming dan media authoring di Galeri dengan kreasi Automatic Story, Video Highlights dan fungsi pengeditan gambar.