Samsung Gear Sport, perangkat wearable pertama dengan OS Tizen 3.0


Samsung Z4 (SM-Z400) merupakan perangkat pertama untuk profile mobile yang berjalan pada sistem operasi Tizen 3.0, begitu juga dengan model QLED TV atau Samsung Smart TV 2017 untuk profile TV dan kulkas Family Hub 2.0 untuk profile home appliance atau peralatan rumah tangga. Pada dasarnya semua model perangkat pintar yang dirilis oleh Samsung tahun ini menggunakan OS Tizen 3.0, kecuali untuk kategori wearable.

Setelah lama berkutat dengan OS Tizen versi 2.3 untuk profile wearable, termasuk yang digunakan oleh smartband Samsung Gear Fit2 Pro (SM-R365) yang akan segera diluncurkan, akhirnya Samsung memunculkan perangkat wearable pertama dengan OS Tizen 3.0.

Model SM-R600 pertama kali diketahui lewat dokumen yang diterbitkan oleh Bluetooth Special Interest Group (SIG), sebuah badan yang mengawasi standarisasi dan lisensi teknologi Bluetooth, pada tanggal 4 Agustus kemarin. Berdasarkan deklarasi Bluetooth SIG dengan nomor ID D036281, Samsung SM-R600 memiliki spesifikasi Bluetooth 4.2.

Seminggu kemudian, tepatnya pada tanggal 10 Agustus 2017, Federal Communications Commission (FCC), sebuah lembaga regulasi radio dan komunikasi milik pemerintah Amerika Serikat, menerbitkan dokumen hasil pengujian untuk Samsung SM-R600. Berdasakan data dari FCC dengan nomor ID A3LSMR600, model SM-R600 memiliki nama Samsung Gear Sport dengan gambar lokasi peletakan label FCC pada sebuah perangkat yang menyerupai smartwatch seperti gambar diatas.

Data FCC juga menyebutkan bahwa Samsung Gear Sport dibuat di salah satu pabrik Samsung yang ada di Vietnam, sama seperti smartband Gear Fit2 Pro yang telah masuk pengujian Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI).

Dan data terakhir yang dterbitkan oleh Wi-Fi Alliance, organisasi yang mengawasi standarisasi produk Wi-Fi untuk interiperabilitas, pada 18 Agustus kemarin menyebutkan bahwa model Samsung SM-R600 menggunakan OS Tizen 3.0. Lewat serifikasi dengan nomor ID WFA72730, Wi-Fi Alliance menyebutkan bahwa Samsung Gear Sport akan didukung oleh jaringan Wi-Fi pada frekuensi 2.4Ghz dengan konektivitas Wi-Fi b/g/n dan Wi-Fi Direct untuk transfer data.

Selain diperluas ke IoT melalui dukungan IoTivity untuk konektivitas, Tizen 3.0 yang diluncurkan pada akhir 2016 kemarin juga mengadopsi berbagai fitur baru seperti kinerja grafis yang tinggi melalui penggunaan Vulkan Graphics API dan Wayland display server yang menggantikan OpenGL dan X di Tizen versi lama, teknologi web terbaru melalui penggunaan Chromium dan Blink untuk menggantikan WebKit, keamanan yang lebih intensif, dan dukungan multi-user.