Pembaruan Telegram for Tizen 0.2.0 membawa 7 fitur baru


Samsung R&D Institute Indonesia (SRIN) hari ini merilis pembaruan untuk aplikasi Telegram For Tizen di Tizen Store. Di versi 0.2.0, aplikasi pengirim pesan instan multiplatform berbasis awan yang bersifat gratis dan nirlaba ini membawa dukungan untuk 7 fitur baru dalam 8 bahasa, yaitu Spanyol, Italia, Belanda, Jerman, Korea, Portugis, Arab dan Inggris.

Ketujuh fitur baru di aplikasi Telegram for Tizen 0.2.0 diantaranya Location Attachment, Search, Chat: Garoup Shared Media, Detail User Info, Friends Invitation, Settings: User Management dan Two Step Verification Login.

- Location Attachment

Pengguna Telegram for Tizen sekarang bisa berbagi lokasi mereka saat ini. Sebelumnya mereka hanya bisa berbagi foto, video, musik, kontak dan file lainnya (.DOC, .MP3, .ZIP, dll hingga ukuran 1,5GB). Seluruh riwayat obrolan akan tersimpan dengan aman di cloud Telegram, bukan di memori perangkat seperti aplikasi pesan instan lainnya. Selain tidak akan membebani memori penyimpanan yang bisa semakin membengkak, juga menjadikan tiap konten selalu bisa diakses pada setiap perangkat yang terhubung milik pengguna kapanpun mereka menginginkannya.

Untuk mengirimkan location attachment, Anda harus mengaktifkan layanan lokasi di smartphone. Begitu juga pengguna Telegram yang Anda kirim pesan, agar mereka bisa membuka koordinat letak lokasi Anda di peta.

- Search

Fitur pencarian baru di Telegram for Tizen akan sangat membantu jika Anda memiliki begitu banyak kontak dan obrolan yang dilakukan. Hasil yang didapatkan dari kata-kata yang Anda ketikkan di kolom Search tidak hanya pada nama kontak yang sesuai, tetapi juga pada tiap obrolan yang pernah Anda lakukan sebelumnya.

- User Info dan Shared Media

Rincian informasi pengguna maupun berbagai konten yang pernah dibagi bersama - antar obrolan dua orang maupun yang ada di dalam Group - kini bisa dilihat bersama, baik itu media, file, link maupun musik. Hal ini sangat membantu saat kita ingin mengakses kembali semua konten dan riwayatnya di berbagai perangkat kapanpun diinginkan.

- Invite Friends

Di versi terbaru ini, Anda kini juga bisa mengajak teman Anda yang belum menjadi pengguna Telegram dengan mengirimkan invitasi atau undangan melalui email, bluetooth, wi-fi, Facebook maupun pesan sms agar mereka mau mengunduh dan menginstal aplikasi telegram di perangkat mereka.


Pembaruan Besar di Bulan September

SRIN berencana untuk kembali memperbarui aplikasi Telegram for Tizen buatannya bulan depan. Tidak tanggung-tanggung, Telegram versi 1.0.0 yang akan segera hadir membawa banyak penambahan fitur yang sudah ditunggu-tunggu oleh pengguna seperti Secret Chat, Channel, Bot, Sticker dan lebih banyak pengaturan baru lainnya.