Cara video call gratis dengan imo di smartphone Tizen


Dengan layanan obrolan gratis yang disebut imo, pengguna dapat terhubung dengan teman untuk video call dadakan. imo yang tersedia untuk perangkat mobile maupun komputer Windows ini mendukung pesan teks dan video, jadi bisa digunakan untuk ngobrol dengan teman secara gratis seperti aplikasi chatting lainnya.

imo.im yang membuat aplikasi imo free video calls and chat didirikan oleh dua bersaudara Ralph Harik dan Georges Harik di Palo Alto, California pada tahun 2007. Georges Harik adalah mantan karyawan Google yang banyak berjasa dalam menciptakan berbagai layanan populer seperti Gmail, Google Talk, Picasa, Orkut, dan produk Google lainnya. Sedangkan Ralph Harik pernah bekerja di Oracle.

"Saya bekerja untuk produk komunikasi dan kolaborasi di Google," kata Georges Harik. "Saya tahu ponsel akan hadir dengan cara yang besar - hal terakhir yang saya lakukan di Google adalah melakukan pembelian perusahaan Android untuk memulai Android di sana. Saya pikir akan diperlukan sebuah perangkat komunikasi."

"Tujuan kami [membuat imo-red] adalah membuat layanan komunikasi yang benar-benar bagus," kata Ralp Harik. "Ada banyak kesempatan dengan perangkat untuk berubah. Orang-orang mulai melakukan panggilan suara dan konferensi lebih banyak di telepon mereka, dan saya tidak melihat hal itu akan berhenti dalam waktu dekat."

Saat ini sudah ada 150 juta orang yang pernah mendaftar untuk menggunakan aplikasi imo di perangkat iOS, Android, Windows PC, Windows Phone maupun Tizen.

Dari kiri: Ralph dan Geaorges Harris.


Cara menggunakan aplikasi imo

Setelah aplikasi klien imo terinstal di smartphone Anda, dan Anda sudah membukanya, imo pertama kali akan meminta untuk memasukkan nomor telepon Anda sehingga bisa membuat akun Anda. Setelah Anda memberikan nomor telepon, Anda akan menerima pesan teks dengan kode verifikasi, yang kemudian dapat Anda masukkan dalam formulir yang tersedia untuk memverifikasi akun Anda.

Setelah Anda memiliki beberapa kontak yang tersedia untuk Anda di layanan imo, akan ada berbagai cara untuk mengobrol dan berinteraksi dengan mereka. Namun jika tidak ada kontak satupun di aplikasi imo, Anda tidak akan bisa membuat panggilan telepon atau video call dengan imo. Jadi Anda harus saling menambahkan kontak di imo dengan orang yang akan diajak ngobrol. Namun hal ini tidak berlaku untuk pesan teks biasa.

Untuk memulai obrolan video call, cukup ketuk nama teman Anda untuk melakukan panggilan. Begitu mereka menjawab, Anda akan melihat video mereka, dan juga video dari diri Anda sendiri di sudut kiri atas. Anda bisa melakukan hal yang sama jika menginginkan melakukan panggilan telepon tanpa video dengan menggunakan tombol itu.

Karena aplikasi imo untuk Tizen ini baru dirilis dan masih merupakan versi awal, ada beberapa fitur baru yang masih belum didukung. Diantaranya untuk group video call dengan beberapa orang sekaligus dari kontak yang tersedia, mengganti profile (hanya gambar), stiker dan memblok kontak yang tidak diinginkan.


Informasi Teknis:
  • Judul Aplikasi: imo free video calls and chatn
  • Versi: 1.0.0 (11 Agustus 2017)
  • Pengembang/Distributor: imo.im
  • Buat usia: 12+
  • Ukuran (setelah instalasi): 6MB (12,70MB)
  • Kategori: Jejaring Sosial
  • OS: Tizen 2.4+
  • Bahasa: English
  • Izin akses perangkat: Meembaca kontak, mengelola umpan balik getaran, mengakses penyimpanan eksternal, menggunakan kamera, mengakses folder media, membaca informasi jaringan, membuka dan melanjutkan aplikasi, mengelola kontak, menerima notifikasi push, menyesuaikan volume, mengirim teks dan pesan multimedia, mengakses internet, menyediakan notifikasi, merekam video dan audio