Aplikasi Shazam bisa mengenali musik di Tizen TV


Samsung Electronics hari ini mengumumkan peluncuran pembaruan baru buat platform Smart TV 2017 untuk mendukung Shazam, salah satu aplikasi musik terpopuler di dunia. Shazam menyediakan pengguna layanan yang dapat disesuaikan dan tersedia di Smart Hub dari Samsung Smart TV 2017.

"Kami sangat gembira bisa menyediakan layanan musik terbaik buat pengguna TV Smart kami melalui kemitraan kami dengan Shazam," kata Lee Hee-man, Wakil Presiden dari Visual Display Business di Samsung Electronics. "Kemampuan Smart TV terus berkembang dengan penambahan aplikasi inovatif, dan kami berkomitmen untuk terus menghadirkan teknologi canggih melalui kemitraan dengan perusahaan perangkat lunak berkemampuan tinggi seperti Shazam."

Shazam memberi kesempatan pada pemirsa Smart TV untuk mengidentifikasi lagu yang diputar di acara TV atau film dengan mudah dan cepat. Dengan sekali klik, pengguna dapat mengakses judul lagu, artis, lirik dan album sambil menonton konten, entah itu siaran TV atau konten yang dikirim melalui HDMI (High Definition Multimedia Interface).

Pengguna juga bisa memanfaatkan teknologi voice recognition di Samsung One Remote untuk mengidentifikasi lagu. Dengan berbicara ke remote dan bertanya, "Lagu apa ini?", Shazam langsung memberikan informasi tentang musik yang sedang dimainkan.

Selain itu, Shazam memberi pemirsa pilihan untuk mengalirkan musik yang mereka identifikasi dan membuat daftar putar yang dapat diakses kapan saja tanpa harus menjalankan aplikasi eksternal. Samsung Smart Hub menyediakan konten musik melalui mitra streaming, termasuk Spotify, Napster dan Deezer, bagi mereka yang berlangganan layanan ini.

"Kami sangat antusias untuk mengintegrasikan fungsionalitas Shazam dengan media lain yang dinikmati oleh begitu banyak orang di seluruh dunia, dan kami tidak dapat memikirkan pasangan yang lebih pas selain Samsung," kata Fabio Santini, Shazam Chief Product Officer. "Smart TV terasa seperti evolusi alami untuk pengalaman Shazam, dan Samsung selalu menjadi inovator terdepan di bidang ini. Kami tidak bisa menunggu untuk pemirsa dan pengguna Shazam bisa sama-sama mencoba fitur baru ini."


Shazam adalah salah satu aplikasi penemuan musik paling populer di seluruh dunia, menjangkau ratusan juta pengguna mobile. Layanan musik Shazam tersedia di Samsung Smart Hub di Korea, Amerika Serikat, Inggris, Prancis dan Jerman.