20th Century Fox, Panasonic dan Samsung bekerjasama hadirkan teknologi HDR10+


20th Century Fox, Panasonic Corporation dan Samsung Electronics hari ini mengumumkan kemitraan baru untuk menciptakan platform metadata dinamis yang terbuka dan bebas royalti untuk High Dynamic Range (HDR) melalui sertifikasi terkait dan program logo, yang untuk sementara disebut HDR10+.

Bersama-sama, ketiga perusahaan tersebut akan membentuk entitas perizinan yang akan mulai melisensikan platform HDR10+ pada bulan Januari 2018. Entitas tersebut akan melisensikan metadata secara luas kepada perusahaan konten, TV ultra-high definition, pemutar/perekam cakram Blu-ray dan produsen set-top box, serta vendor SoC, yang bebas royalti hanya dengan biaya administrasi nominal.

"Sebagai pemimpin konten dan perangkat hiburan rumahan, ketiga perusahaan tersebut merupakan mitra ideal untuk membawa HDR10+ ke rumah konsumen di mana-mana," kata Chu Jong-suk, Wakil Presiden Senior Visual Display Business di Samsung Electronics. "Kami berkomitmen untuk membuat teknologi terbaru bisa tersedia di TV kami dan yakin bahwa HDR10+ akan memberikan konten berkualitas premium dan meningkatkan cara Anda menikmati program televisi dan film di rumah."

HDR10+ adalah teknologi mutakhir, yang dibangun berdasarkan manfaat televisi HDR, yang menawarkan pengalaman menonton terbaik untuk display generasi berikutnya. HDR10+ menghadirkan kualitas gambar yang belum pernah ada sebelumnya pada semua display dengan kecerahan, warna, dan kontras yang secara otomatis dioptimalkan untuk setiap adegan.

Pada iterasi sebelumnya, static tone mapping menerapkan fixed enhancement di seluruh bagian konten. Dengan HDR10+ dynamic tone mappin, setiap adegan ditingkatkan secara individual untuk menghidupkan visual yang hidup dan mencapai kualitas gambar yang belum pernah terjadi sebelumnya. Pengalaman visual baru yang disempurnakan ini akan memungkinkan konsumen melihat gambar yang sesuai dengan keinginan pembuat film.

“HDR10+ merupakan langkah maju teknologi yang mengoptimalkan kualitas gambar untuk display generasi berikutnya,” kata Danny Kaye, Wakil Presiden Eksekutif pada 20th Century Fox dan Managing Director dari Fox Innovation Lab. "HDR10+ menghadirkan metadata yang dinamis, yang secara tepat menggambarkan setiap adegan untuk menghasilkan kualitas gambar yang belum pernah ada sebelumnya. Melalui kerja sama dengan Panasonic dan Samsung lewat Fox Innovation Lab, kami dapat menghadirkan platform baru seperti HDR10+ ke pasar yang lebih tepat mewujudkan visi pembuat film kami di luar gedung bioskop."

Ada beberapa manfaat utama bagi mitra yang ingin mengadopsi platform ini untuk produk yang sesuai dengan HDR10+ mereka. HDR10+ menawarkan fleksibilitas sistem, memungkinkan berbagai mitra, termasuk pembuat konten, distributor konten, pembuat TV dan pembuat perangkat, untuk menggabungkan platform ini dan memperbaiki pengalaman menonton untuk pemirsa. Platform HDR10+ dirancang untuk memungkinkan pengembangan dan inovasi di masa depan agar dapat menghasilkan teknologi yang lebih hebat di tahun-tahun mendatang.

"Panasonic memiliki sejarah panjang bekerja sama dengan para pemimpin industri untuk mengembangkan format teknis yang langgeng. Kami sangat senang untuk bekerja sama dengan 20th Century Fox dan Samsung untuk mengembangkan format HDR baru, yang akan membawa konsumen begitu banyak manfaat,” kata Yuki Kusumi, Executive Officer di Panasonic. "Dengan menawarkan peningkatan kualitas gambar HDR yang cukup tinggi pada rentang TV yang lebih luas sambil mempercepat jumlah konten HDR premium yang tersedia, kami mengharapkan HDR10+ untuk segera menjadi format HDR defacto."

Peserta IFA tahun ini didorong untuk mengunjungi stan Samsung Electronics dan Panasonic untuk mempelajari lebih lanjut tentang teknologi HDR10+.

20 th Century Fox, Panasonic dan Samsung akan mengumumkan rincian lebih lanjut tentang program lisensi bersama dengan demonstrasi teknologi HDR10+ di CES 2018.