Samsung tambahkan OS Tizen untuk model kulkas yang lebih murah


Samsung Electronics akan memperluas penggunaan OS Tizen untuk model peralatan rumah tangga yang dijual dengan harga yang lebih terjangkau.

Raksasa elektronik asal Korea itu hari ini meluncurkan kulkas seri Family Hub untuk dua model populer dengan fungsi perintah suara yang sebelumnya hanya terbatas pada produk high-end. T9000 adalah model empat pintu dengan lemari es di atas dan kompartemen freezer di bagian bawah. Sementara model dua pintu F9000 memiliki freezer di sebelah kiri dan lemari es di sebelah kanan.

Family Hub, teknologi kulkas pintar Samsung berbasis Internet of Things (IoT), memungkinkan pengguna untuk mencari dan memesan bahan makanan secara online dan mengakses kalender - semua bisa dikontrol melalui asisten suara milik Samsung. Family Hub sebelumnya hanya dilengkapi di lineup premium Chef Collection, dengan harga yang mahal mendekati 10,59 juta won (sekitar 125 juta rupiah). Dengan ekspansi lineup baru-baru ini, OS Tizen kini telah tersedia dalam model yang lebih populer dengan harga cuma sepertiganya saja.


Harga untuk F9000 baru telah ditetapkan sebesar 2,69 juta won atau sekitar 32 juta rupiah (kapasitas 800 liter) sementara dua model dengan warna metalik untuk T9000 adalah seharga 3,39 juta won atau sekitar 40 juta rupiah (841 liter) dan 3,29 juta atau sekitar 39 juta rupiah (842 liter).

Dengan mengadopsi teknologi Family Hub ke model yang lebih populer, Samsung Electronics berharap lebih banyak orang dapat mengalami teknologi kulkas pintar yang terhubung berbasis OS Tizen 3.0 terbaru.

Dengan peluncuran model-model baru, Samsung Electronics telah meningkatkan aplikasi di ku Hub untuk membuatnya lebih nyaman dan fungsional. Fitur yang ditingkatkan akan memungkinkan pengguna tidak hanya bisa mencari dan berbelanja bahan makanan melalui web tetapi juga untuk menonton program TV dan film favorit mereka dan bahkan mendengarkan radio. Upgrade telah meningkatkan integrasi manajemen makanan yang lengkap, fitur komunikasi keluarga dan fungsi hiburan streaming musik dan video.

Bulan ini, sebuah aplikasi yang bisa mencari resep yang cocok berdasarkan bahan makanan yang ada di kulkas akan ditambahkan, menyusul akan ditambahkan pada bulan Agustus. Pengguna akan dapat membeli bahan makanan secara langsung melalui aplikasi mall eMart dengan menggunakan layanan pembayaran mobile Samsung Pay.


Kulkas pintar Samsung juga telah merevolusi konsep peralatan dapur. Perangkat ini telah melampaui hanya sekedar menjadi kulkas dengan layar sentuh LED untuk menjadi pusat komando virtual dari rumah yang terhubung. Hal ini memungkinkan anggota keluarga untuk berbagi foto dan memposting memo dan terhubung secara online dengan peralatan lain untuk menawarkan pengalaman yang lebih ramping. Dengan penambahan asisten suara, pengguna kini dapat mengakses semua fungsi ini secara hands-free.