Sunday, July 30, 2017

Samsung Exynos hadirkan modem LTE 6CA 1,2Gbps pertama di dunia


Samsung Electronics hari ini mengumumkan bahwa mereka telah mengembangkan teknologi modem LTE untuk generasi berikutnya prosesor mobile Exynos yang mendukung 6CA (carrier aggregation) untuk pertama kalinya di industri ini. Teknologi baru ini telah berhasil mencapai kecepatan downlink maksimal 1,2 gigabit per detik (Gbps).

Awal tahun ini, SoC Samsung Exynos 9 Series (8895) menghadirkan modem LTE Cat.16 dengan kecepatan downlink 1.0 gigabit (Gb) dan dukungan 5CA pertama di industri. DMelalui kerja sama dengan Anritsu, penyedia alat ukur telekomunikasi, teknologi modem LTE 6CA Cat.18 yang baru didukung Samsung mencapai kecepatan downlink hingga 1,2 Gbps. Peningkatan 20 persen dalam kecepatan downlink maksimum dapat memungkinkan pengguna perangkat mobile mendownload film berdurasi penuh dalam resolusi HD dalam waktu 10 detik. Pengguna juga dapat menikmati video call tanpa buffer dan siaran langsung mobile.


Carrier aggregation (CA) menggabungkan sejumlah pengangkut komponen dengan berbagai bandwidth, meningkatkan kecepatan transfer data dan kinerja jaringan. Dengan meningkatkan kemampuan agregasi dari lima bandwidth model sebelumnya menjadi enam, teknologi modem LTE yang baru akan menawarkan transfer data yang lebih cepat namun lebih stabil. Selanjutnya, teknologi ini mendukung skema 4x4 MIMO (Multiple-Input, Multiple-Output) dan skema orde tinggi 256 QAM (Quadrature amplitude modulation) untuk memaksimalkan laju transfer data. Dengan memanfaatkan Enhanced-Assisted Access (eLAA) yang ditingkatkan yang dapat menggabungkan spektrum berlisensi dan tidak berlisensi, teknologi ini juga memungkinkan operator telekomunikasi untuk menggunakan peralatan mereka secara lebih lengkap.

"Dengan peningkatan layanan konten online berkualitas tinggi, permintaan akan modem LTE berperforma tinggi terus meningkat juga," kata Woonhaing Hur, Wakil Presiden Pengembangan Protokol Sistem LSI di Samsung Electronics. "Kecepatan downlink maksimum 1,2Gbps dengan dukungan 6CA menyoroti kemampuan desain dan posisi terkemuka Samsung untuk era 5G mendatang."

Prosesor mobile Samsung yang mengadopsi teknologi modem LTE 6CA Cat.18 yang baru diperkirakan akan diproduksi massal pada akhir tahun ini.


No comments:

Post a Comment