Samsung kembangkan solusi pencegahan diabetes lewat smartphone Tizen


Samsung Electronics telah mengembangkan solusi yang murah untuk bisa mendeteksi penyakit diabetes mellitus atau kencing manis secara dini lewat smartphone Tizen. Lewat Tizen, Samsung membayangkan satu hari nanti akan bisa mengintegrasikan smartphone, smart TV, tablet, atau peralatan rumah tangga lainnya agar bisa menampilkan data diabetes dan bisa ditindaklanjuti dengan menawarkan dorongan, tip, atau pembinaan gaya hidup yang lebih sehat.

"Diabetes adalah inisiatif yang sangat penting bagi kita di Samsung. Ini adalah kondisi yang didorong oleh gaya hidup. Bila Anda memikirkan hal-hal yang dapat kami lakukan untuk memperbaiki teknologi yang digunakan orang setiap harinya, itu adalah area yang menurut kami bisa memberi pengaruh secara langsung," kata Dr. David Rhew, Pimpinan Kantor Medis dan Kepala Bidang Kesehatan dan Kebugaran di Samsung Electronics. "Kami telah berbicara dan bekerja dengan orang-orang yang menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan diabetes - setiap orang mulai dari praktisi hingga perusahaan, pengembang aplikasi, penyedia perangkat lunak, dan produsen perangkat keras."

Tizen Check adalah adalah salah satu solusi yang memanfaatkan perangkat Tizen untuk bisa menjadi alat kesehatan, khususnya untuk bisa mendeteksi kadar gula darah. Lewat penambahan modular pad yang sederhana, pengguna smartphone Tizen bisa mengetahui kadar gula darah mereka dan berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan medis secara lebih lanjut.


Samsung sengaja menggunakan Tizen karena ini adalah sistem operasi masa depan mereka yang akan dijalankan oleh semua perangkat elektronik dari yang paling sederhana hingga yang paling kompleks.

"Kami telah menggunakan Android di beberapa perangkat di generasi masa lalu kami. Tapi untuk generasi yang sekarang lebih dioptimalkan untuk baterai yang lebih hemat dan itulah yang telah kami rencanakan," kata Dr. David Rhew. "Kami telah menggunakan Tizen di smart TV kami, dan beberapa perangkat handset kami yang lebih rendah yang tidak memerlukan semua persyaratan khusus yang dibutuhkan Android. Hal ini memungkinkan adanya fleksibilitas buat kami dalam apa yang bisa kita tarik ke dalam perangkat dan dibawa ke dalam platform."

Cara kerja Tizen Check bisa Anda cermati melalui video berikut.