Dukungan .NET dan Adobe XD di Tizen 4.0


Pekan ini di San Francisco, pertemuan tahunan Tizen Developer Conference (TDC) 2017 diadakan di San Fransisco yang melibatkan para pengembang dan yang berkepentingan dalam pengembangan platform Tizen. Sebagai pengembang utama Tizen, Samsung menampilkan kemajuan terbaru terkait OS ini, khususnya Tizen 4.0, dengan perusahaan mitra mereka seperti Microsoft dan Adobe.

Dalam hal Tizen 4.0, pencapaian utama Samsung adalah memperkuat Ekosistem Aplikasi melalui pengalaman pengembangan yang lebih mudah.

"Di Tizen 4.0, kami membuat beberapa investasi besar seperti mengenalkan .NET sebagai framework baru dan menawarkan pilihan alat perancang seperti Adobe XD," kata Lee Hyo-gun, Executive Vice President Samsung Electronics dan Chair of Tizen Technical Steering Group.


Dengan .NET, pengembang Tizen dapat menggunakan bahasa pemrograman C# dan Visual Studio dari Microsoft untuk membuat aplikasi native Tizen. Menurut Lee Hyo-gun, pihaknya akan mulai menerapkan .NET ke Samsung TV akhir tahun ini dan pengembang Tizen akan dapat membangun aplikasi .NET yang indah sepenuhnya memanfaatkan berbagai kemampuan Samsung TV.

Sementara Adobe Experience Design (Adobe XD) adalah software pengembangan desain dan purwa rupa user experience (UX) berbasis vektor untuk aplikasi web dan aplikasi mobile. Sama seperti software buatan Adobe Systems lainnya, misalnya Adobe Photoshop atau Adobe Illustrator, pengembang Tizen hanya perlu melakukan beberapa klik untuk bisa membuat UX yang indah buat aplikasi buatan mereka karena semua fungsi telah disediakan, seperti wireframing, visual design, interaction design, prototyping, preview dan sharing.

Demian Borba, Product Manager Adobe XD di tim Creative Cloud di Adobe, untuk pertama kalinya memperkenalkan Adobe Xd buat pengembang Tizen di TDC 2017 yang presentasinya bisa Anda lihat melalui video berikut.