Friday, April 14, 2017

QLED International Forum 2017


Produsen TV global, distributor dan lembaga akademis membentuk aliansi untuk bekerja sama meningkatkan pasar TV QLED. China Electronics Chamber of Commerce (CECC), badan pengawas dan legislatif untuk industri elektronik di China menjadi tuan rumah penyelenggaraan QLED International Forum pertama yang diselenggarakan di Beijing pada 13 April kemarin.

Diselenggarakan di bawah tema 'QLED’s Light Brightens the World,' forum ini menyambut sekitar 300 tamu ke Beijing Yanqi Lake International Convention & Exhibition Center. Bergabung dengan instansi pemerintah setempat yang hadir adalah produsen TV termasuk Samsung Electronics, Hisense dan TCL; perwakilan dari Universitas Peking dan Tsinghua; GOME Electrical Appliances dan Suning Commerce Group, dua distributor TV China teratas; dan JD.com, salah satu perusahaan e-commerce utama di China.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua CECC Liu Yufeng menguraikan potensi QLED TV untuk bisa mengubah industri. “QLED TV mencapai tingkat pertumbuhan tahunan 100 persen di pasar China dan akan meningkat dari 600.000 produk di tahun 2016 menjadi 1.2 juta pada tahun 2017,” katanya. “Pada saat yang sama, penjualan di pasar dunia juga akan meningkat dari 3 juta menjadi - 6 juta unit. Teknologi Quantum dot akan menjadi tren utama dari industri TV.”




Perusahaan riset pasar DisplaySearch memperkirakan bahwa penjualan global TV dengan teknologi Quantum dot akan melebihi 18 juta unit pada tahun 2018. Tujuan dari QLED International Forum adalah untuk mempercepat tren pasar terhadap QLED TV.

Setelah distributor yang hadir berbagi strategi mereka untuk meningkatkan penjualan QLED TV, Samsung Electronics dan produsen TV lainnya menandatangani kontrak dengan GOME Electrical Appliances, Suning Commerce Group, JD.com, Five Star, Sundan dan distributor lainnya dengan tujuan meningkatkan pasar QLED TV.

Nanosys, pengembang terkemuka teknologi Quantum dot, menyampaikan presentasi yang mengungkapkan kinerja visual yang superior dari QLED ini. Forum ini juga disediakan tempat bagi produsen TV, pakar industri layar dan akademisi untuk membahas kondisi teknologi Quantum dot dan pengembangan QLED TV.


Profesor Peng Xiaogang dari Universitas Zhejiang menyimpulkan pentingnya pengembangan Quantum dots secara ringkas. “Quantum dots adalah material pencahayaan terbaik yang pernah ditemukan oleh umat manusia,” jelasnya. “Representasi warna murni, kecerahan dan fitur lainnya dari Quantum dot adalah karakteristik yang teknologi layar lainnya akan mengalami kesulitan untuk bisa mengalahkannya.”


Acara ini juga menampilkan sebuah ruang pameran, termasuk pameran QLED TV, emisi pencahayaan Quantum dot, Quantum dot film, teknologi aplikasi biomedis, dan cara-cara lainnya dimana Quantum dots dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.


Samsung Electronics memamerkan QLED TV model Q7 dan Q8 yang menawarkan kualitas gambar terbaik, yang sebentar lagi juga akan dirilis di Indonesia. Samsung QLED TV adalah satu-satunya layar yang mampu menghasilkan volume warna 100 persen, yang berarti bahwa warna dapat ditampilkan secara akurat terlepas dari perbedaan tingkat kecerahan, memastikan bahwa gambar yang disajikan sesuai dengan keinginan yang ingin dicapai oleh produsen konten.


Namun, seperti dijelaskan oleh Liu Junguang, Wakil Presiden Visual Display Business di Samsung Electronics, kemampuan untuk menggambarkan warna yang akurat dan hidup bukanlah satu-satunya alasan teknologi Quantum dot merupakan masa depan TV.

“Karena Quantum dots menggunakan bahan anorganik, layar kami dapat menghadirkan kualitas tampilan yang maksimal tanpa masalah yang bisa meninggalkan bekas pada layar, seperti burn-in, atau mempengaruhi umur produk,” kata Liu Junquang.

“Ini adalah material yang paling cocok untuk membuat layar,” lanjutnya. “2017 akan menjadi tahun ketika produsen TV global bekerja sama untuk mempromosikan pasar QLED TV.”


No comments:

Post a Comment