HARMAN dan Baidu kembangkan AI buat mobil berbasis DuerOS


HARMAN International, anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Samsung yang berfokus pada teknologi terhubung untuk pasar otomotif, konsumen dan enterprise, hari ini mengumumkan kerjasama dengan Baidu, perusahaan internet terbesar di China yang sering dijuluki Google-nya China, untuk bersama-sama mengembangkan solusi berbasis artificial intelligence (AI) baru yang ditujukan untuk produsen mobil China.

Kedua perusahaan tersebut akan berkolaborasi untuk mengintegrasikan asisten digital personal dan teknologi pengenalan suara berbasis Baidu DuerOS dengan platform mobil terhubung (connected) car dan cloud milik HARMAN. Bersama-sama, kedua perusahaan akan berkolaborasi untuk menciptakan fitur otomotif yang pintar termasuk automatic speech recognition (ASR) dalam bahasa Inggris dan Mandarin, natural language processing dan speech synthesis.

DuerOS adalah sistem operasi terbuka yang telah mendukung akses ke asisten digital melalui perintah suara untuk ponsel, TV, speaker, dan perangkat lainnya, sekaligus mendukung kemampuan akses pengembang pihak ketiga. Sejauh ini DuerOS sudah digunakan oleh kulkas buatan Haier dan smartphone buatan Vivo, keduanya adalah merek asal China.


Kesepakatan ini dibangun berdasarkan hubungan HARMAN dengan Baidu. Pada bulan Januari 2015, HARMAN dan Baidu mengadakan kolaborasi strategis untuk meluncurkan CarLife, solusi jaringan kendaraan yang menawarkan kemampuan internet canggih, fitur hiburan dan layanan berbasis lokasi pada head unit untuk sitem infotainment dalam kendaraan milik HARMAN yang dirancang untuk pasar China.

"Visi HARMAN adalah merevolusi pengalaman di dalam mobil, dan kami terus mengambil langkah berani untuk memimpin industri ini dengan inovasi yang meningkatkan dan mengintegrasikan secara lebih baik yang melintasi jejak digital mereka - dari rumah, ke kantor, ke mobil - untuk orang-orang di manapun," Kata Dinesh Paliwal, Presiden dan CEO HARMAN. "Seiring kita menantikan masa depan dengan peningkatan otonomi, HARMAN dan Baidu akan terus berkolaborasi untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik kepada pengemudi yang intuitif dan mudah digunakan, dan terintegrasi dengan gaya hidup digital mereka."

"Kemitraan antara Baidu dan HARMAN akan memungkinkan konsumen menggunakan kontrol suara alami untuk berinteraksi dengan mobil dan mengakses informasi dan layanan off-board dengan lebih aman dan mudah," kata Qi Lu, Group President and Chief Operating Officer di Baidu. "Memperluas kemitraan kami yang sukses dengan HARMAN menunjukkan komitmen bersama kami untuk menciptakan solusi inovatif dan fleksibel yang disesuaikan untuk memenuhi permintaan industri dan pelanggan otomotif China yang unik."

Di luar pasar otomotif, HARMAN dan Baidu DuerOS juga telah mengumumkan rencana untuk menghadirkan solusi audio berkualitas tinggi untuk speaker pintar dengan kemampuan berbicara yang inovatif, yang juga terintegrasi dengan teknologi AI Baidu yang canggih.