Thursday, April 13, 2017

200 Mahasiswa lulus pendidikan Tizen di Rusia


Samsung Electronics Rusia hari ini mengumumkan hasil program pendidikan pengembangan aplikasi untuk OS Tizen di 4 universitas terkemuka di Rusia. Pada tanggal 8 April kemarin Samsung mengadakan upacara pelulusan beserta pemberian sertifikat Tizen kepada mahasiswa dari Institut Vysshey Shkoly Ekonomiki (VSHE). Sebelumnya, pada tanggal 28 Februari dan 20 Maret juga telah diadakan acara serupa di Moscow Power Engineering Institute (MPEI), Kazan Federal University (KFU) dan Novosibirsk State Technical University (NSTU).

Selama enam bulan lebih dari 200 mahasiswa dari berbagai universitas tersebut di bawah bimbingan dosen ahli di universitas mereka telah belajar dan berlatih cara untuk mengembangkan aplikasi buat sistem operasi Tizen yang terbuka. Aplikasi-aplikasi yang dikembangkan menargetkan smartphone Samsung seri Z dan perangkat wearable Samsung seri Gear S.

Peserta didik mencatat bahwa penggunaan alat pemrograman standar web untuk HTML5 dan JavaScript untuk tingkat kesulitannya lebih rendah ketika masuk ke pengembangan aplikasi untuk Tizen. Aplikasi yang dihasilkan oleh para mahasiswa di Rusia ini cukup beragam, mulai dari aplikasi klien dari KudaGo yang menginformasikan atraksi dan acara budaya yang terjadi di dekat lokasi pengguna yang dibuat oleh mahasiswa VSHE Kharlamova Alekseya (dosen pembimbing Sergey Papulin), aplikasi permainan angka menggunakan heuristik artificial intelligence yang dikembangkan oleh mahasiswa NSTU Mytnik Anton dan Yermolayeva Yuliya (dosen pembimbing Tomilov Ivan), hingga aplikasi untuk menjadi event organizer berbagai acara seperti pernikahan yang dibuat oleh mahasiswa KFU Titov Vladislav dan Shalafayeva Elvira (dosen pembimbing Alimovoy Ilseyar). Mereka umumnya menyukai yang telah disediakan oleh Tizen dan tidak sabar untuk segera melihat hasil pekerjaan mereka pada perangkat nyata.

Materi pelatihan yang dibuat oleh dosen pembimbing akan diposting di situs resmi Tizen, sehingga akan menjadi sumber daya publik yang didukung oleh komunitas Tizen Technical Steering Group (TSG), Linux Foundation dan Tizen Association. Ini merupakan untuk pertama kalinya ada materi Tizen yang menggunakan bahasa Rusia yang bisa memfasilitasi studi Tizen buat pengembang pemula.

"Cepatnya perkembangan teknologi IT sering mengakibatkan pengetahuan yang diajarkan selama di universitas menjadi cepat usang. Solusi utama untuk memecahkan masalah ini adalah dengan melakukan kerja sama pengembangan teknologi antara universitas dan perusahaan IT terkemuka. Di Institut Vysshey Shkoly Ekonomiki, hasil kerja sama dengan Samsung diimplementasikan melalui program pelatihan modern untuk mengembangkan aplikasi buat platform Tizen. Saya berharap pengalaman kesuksesan kali ini akan terus dikembangkan dan kerjasama kami akan terus tumbuh semakin kuat," kata Sergey Papulin, dosen di VSHE.

"Program Pendidikan Tizen disusun dalam berbagai format pelatihan: pengajaran di universitas, praktikum mahasiswa, materi pelatihan sumber daya publik. Semua ini memungkinkan kita untuk mengembangkan sebuah platform ekosistem Tizen di Rusia. Versi terbaru Tizen 3.0 akan mulai memecahkan masalah di bidang Internet of Things, membuat platform Tizen bisa menjadi sangat menjanjikan dan menarik buat pengembang," kata Roman Aynbund, Kepala Pengembangan Solusi Bisnis di Samsung R&D Istitute Rusia.


Selain mengadakan melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi dalam program pendidikan Tizen yang ditujukan untuk mahasiswa, Samsung Rusia juga secara aktif mengembangkan program pendidikan bagi anak-anak yang masih duduk dalam bangku sekolah. Proyek 'IT School Samsung' yang ditujukan untuk memberikan pendidikan tambahan di bidang pemrograma buat murid di sekolah menengah telah diadakan di lebih dari 20 wilayah Rusia mulai dari Kaliningrad hingga ke Vladivostok. Pembuat kurikulum dari proyek IT School Samsung adalah Samsung R&D Institute Rusia dan Moscow Institute of Physics and Technology (MIPT).

Proyek Samsung lainnya untuk memacu ekosistem Tizen di Rusia diantaranya "UchimZnaem" dan "Zhivyye stanitsy" yang juga diarahkan untuk pendidikan murid dengan pemberian hadiah dan penghargaan buat yang berprestasi.


No comments:

Post a Comment