Friday, March 10, 2017

Dukungan .NET Core buat Raspberry Pi akan tersedia dengan OS Tizen


.NET Core, versi open source dari .NET Framework yang dikembangkan oleh Microsoft, kini bisa digunakan di Raspberry Pi. Masih belum ada SDK yang berjalan pada ARM32, tapi Anda sudah bisa mempublikasikan aplikasi yang akan bisa berjalan di Raspberry Pi.

"Kami dapat mengkonfirmasi bahwa telah ada versi ARM32 dari .NET Core di GitHub," kata juru bicara Microsoft. "Ini merupakan implementasi dari .NET Core yang sedang dikerjakan oleh Samsung, Microsoft, dan komunitas. Kami telah membuatnya tersedia untuk pelanggan... sehingga mereka dapat menggunakannya pada Raspberry Pi, IoT, dll."

.NET Core untuk Raspberry Pi dan instruksi untuk menginstalnya telah tersedia di Github. Menurut Microsoft, dukungan untuk .NET Core buat Raspberry Pi akan melalui Github dan tidak melalui resmi saluran dukungan resmi milik Microsoft.

"Pekerjaan pengembangan ini merupakan bagian dari .NET Core 2.0, yang nanti akan hadir di tahun 2017. Kami belum memiliki apa-apa belum untuk berbagi pada dukungan Microsoft untuk ARM32 diluar Tizen," kata juru bicara itu.

Raspberry Pi menggunakan prosesor ARM, dan versi dari .NET Core sedang diterapkan untuk arsitektur itu. Berdasarkan roadmap dari Tizen .NET, dukungan buat ARM32 .NET Native akan datang sekitar bulan Oktober tahun ini.

"Samsung akan mengirimkan platform Tizen mereka baik pada .NET Core x86 dan .NET Core ARM32. Mereka akan membangun dukungan perilisan sendiri seperti halnya Red Hat membangun dukungan perilisan mereka sendiri buat .NET core," kata juru bicara Microsoft.

Jika .NET Core ARM32 untuk Raspberry Pi mendatang akan menggunakan OS Tizen 4.0, maka sebelumnya Tizen 3.0 juga telah berhasil diporting ke Raspberry Pi.

No comments:

Post a Comment