Wednesday, February 1, 2017

Samsung siap rilis Tizen 4.0 di bulan Mei 2017


Memasuki tahun 2017, Samsung Electronics semakin mempercepat pengembangan software Tizen. Setelah meluncurkan Tizen versi 3.0 pada bulan November kemarin, Samsung sudah menyiapkan generasi berikutnya Tizen 4.0 pada bulan Mei mendatang.

Informasi terkait Tizen 4.0 terdapat pada roadmap dukungan .NET buat Tizen. Dalam keynote di konferensi Microsoft Connect() yang diadakan di New York pada bulan November 2016, Samsung mengumumkan kerjasama dengan Microsoft untuk membawa .NET untuk Tizen dan berkontribusi pada dukungan Tizen untuk lintas-platform populer Xamarin.Forms. Sebagai bagian dari pengumuman itu, Samsung merilis preview pertama Visual Studio Tools for Tizen. Dan preview kedua dirilis kemarin yang membawa dukungan baru buat pengembangan aplikasi untuk Tizen TV (versi sebelumnya hanya untuk perangkat mobile).


Berdasarkan roadmap dari Tizen .NET, preview ketiga dari Tizen .NET akan dirilis pada bulan Maret mendatang. Versi resmi (final) pertama dari Tizen .NET akan dirilis pada bulan Oktober 2017, sebagai bagian dari OS Tizen 4.0, dimana kita juga bisa mengetahui bahwa versi Public M1 dari Tizen 4.0 akan meluncur pada bulan Mei 2017. Rencana perilisan selengkapnya bisa dilihat melalui tabel diatas.


Tizen 3.0 ekspansi ke IoT

Dalam 4 tahun terakhir Tizen telah memperluas cakrawala dari perangkat mobile,smartwatch, hingga TV. Tizen saat ini berjalan di banyak perangkat yang tersedia secara komersial. Namun potensi sesungguhnya dari Tizen ada di depan dan akan direalisasikan dengan dukungan untuk 'Internet of Things (IoT)', yang menghubungkan semuanya (Connect Everything).

Selain diperluas ke IoT melalui dukungan IoTivity untuk konektivitas, Tizen 3.0 juga mengadopsi berbagai fitur baru seperti kinerja grafis yang tinggi melalui penggunaan Vulkan Graphics API dan Wayland display server yang menggantikan OpenGL dan X di Tizen versi lama, teknologi web terbaru melalui penggunaan Chromium dan Blink untuk menggantikan WebKit, keamanan yang lebih intensif, dan dukungan multi-user.

Tizen 3.0 sekarang sudah tersedia untuk pengembang melalui Tizen Studio 1.1.0.


No comments:

Post a Comment