Samsung kuasai 70 persen pasar Virtual Reality selama 2016


Samsung Electronics telah muncul sebagai pemimpin di pasar virtual reality (VR) global di tahun 2016, terhitung lebih dari 70 persen dari 6,3 juta perangkat VR yang dikirimkan ke seluruh dunia. Berdasarkan laporan dari perusahaan riset pasar Superdata menunjukkan kalau raksasa teknologi Korea Selatan ini berhasil menjual sekitar 4,51 juta unit tahun lalu, atau 71,6 persen dari total pengiriman.

Samsung meluncurkan Gear VR pada tahun 2014 bekerjasama dengan Oculus VR, yang menghubungkan ke smartphone high-end Samsung. Gear VR adalah produk VR yang paling laris di pasar Amerika Serikat, sementara lebih dari 1 juta unit lainnya terjual di Jepang.

"Hambatan yang rendah untuk masuk ke perangkat mobile memberi Samsung keunggulan atas pesaingnya high-end lainnya sebelum Google Daydream View keluar," kata laporan itu. "Setelah memberikan ratusan ribu headset lewat pre-order galaxy S7, mereka bisa menempatkan perangkat ke tangan konsumen pada saat yang kritis."

Laporan juga menunjukkan bahwa PSVR dari Sony berada di posisi kedua dengan pangsa pasar 12,5 persen, diikuti oleh HTC Vive dengan 6,7 persen dan Google Daydream View dengan 4,1 persen.

Superdata mengatakan bahwa industri VR telah menghasilkan pendapatan senilai $ 1,8 miliar tahun lalu, sambil menambahkan bahwa pasar untuk headset VR akan meningkatkan di masa depan seiring dengan peluncuran headset high-end dari pemain utama.