Tuesday, January 24, 2017

Tizen 3.0 menggunakan layanan pemetaan dari Mapzen


Sampai saat ini, HERE Maps telah menjadi satu-satunya pilihan pemetaan untuk pengembang dalam aplikasi Tizen mereka. Dengan peluncuran Tizen 3.0, Mapzen sekarang merupakan bagian dari inti "Tizen Common," yang dijalankan oleh semua jenis perangkat hardware yang berbasis sistem operasi Tizen di masa yang akan datang.

"Tizen adalah sistem operasi open-source yang diselenggarakan oleh Linux Foundation. Samsung Electronics adalah kontributor yang signifikan untuk Tizen, yang digunakan untuk menjalankan Smart TV, smartwatch, pertumbuhan dari berbagai perangkat IoT, dan ponsel buatan Samsung di seluruh dunia. Dengan Samsung bergerak untuk menghubungkan semua produknya ke internet, kita mengharapkan akan bisa melihat Tizen di lebih banyak perangkat yang menarik," kata pengumuman yang dibuat oleh tim pengembang Mapzen di blog resmi mereka.

Mapzen adalah laboratorium pemetaan open source dibawah Samsung Accelerator (sekarang Samsung NEXT) yang membangun dan mendukung data dan software terbuka untuk mempromosikan ekosistem pemetaan yang sehat. Tim pengembangan Mapzen merupakan salah satu divisi dari Samsung Research America (SRA) yang berfokus pada komponen inti dari platform geo, termasuk pencarian, rendering, navigasi, dan data.

Produk Mapzen akan membantu Anda menempatkan peta di mana saja, di browser, di ponsel, di jam tangan, di TV dan lainnya untuk pencarian dan rute di seluruh bagian dari planet ini. Berbeda dengan layanan pemetaan dan navigasi lainnya, Mapzen dibangun dari berbagai peralatan open-source yang dikemas ke dalam layanan Web dan di hosting di server Mapzen.

Salah satu keunggulan Mapzen selain keterbukaannya adalah penggunaan mesin rendering fleksibel yang disebut Tangram untuk menampilkan peta digital dalam nuansa 2D maupun 3D secara real-time, sehingga membuat kartografi akan terlihat bagus dimana-saja.

Buat pengembang aplikasi, Tizen 3.0 telah tersedia melalui Tizen Studio 1.1.0, dan Tizen 3.0 API memungkinkan pengembang untuk melakukan geocode, reverse geocode, penghitungan route, pencarian tempat dan menapilkan widget peta. Anda cukup mendaftar untuk Mapzen API key dan menyatakan Mapzen sebagai penyedia peta buat aplikasi Anda.


No comments:

Post a Comment