Samsung rilis preview kedua dari Visual Studio Tools for Tizen


Hari ini Samsung mengumumkan rilis preview kedua dari Visual Studio Tools for Tizen. Pengembang dapat men-download rilis ini dan menggunakan Visual Studio untuk membangun aplikasi .NET buat Tizen.



Dalam keynote di konferensi Microsoft Connect() yang diadakan di New York pada bulan November 2016, Samsung mengumumkan kerjasama dengan Microsoft untuk membawa .NET untuk Tizen dan berkontribusi pada dukungan Tizen untuk lintas-platform populer Xamarin.Forms. Sebagai bagian dari pengumuman itu, Samsung merilis preview pertama Visual Studio Tools for Tizen. Preview kedua ini adalah update yang signifikan untuk preview pertama, dan termasuk fitur kunci baru antara lain:
  • TV application development. Preview pertama kali datang dengan dukungan buat aplikasi mobile saja. Dengan preview kedua, pengembang sekarang dapat menggunakan API yang sama, seperti .NET Standard dan Xamarin.Forms, untuk mengembangkan aplikasi buat Tizen TV.
  • Project wizard. Visual Studio Tools for Tizen menyediakan sejumlah pilihan yang berbeda untuk membuat aplikasi. Misalnya, pengembang dapat membangun aplikasi yang berjalan pada jenis perangkat tunggal atau aplikasi yang berjalan pada beberapa jenis perangkat yang erbeda. Pengembang dapat membangun aplikasi yang berjalan pada Tizen saja atau aplikasi yang berjalan pada berbagai platform. Project Wizard membantu pengembang untuk memilih jenis proyek yang tepat bagi mereka dengan panduan step-by-step.
  • New tools. Lebih banyak tool yang dibuat khusus untuk Tizen telah ditambahkan untuk lebih meningkatkan produktivitas pengembang: certificate manager, emulator manager, emulator control panel, and manifest editor.
  • More Tizen platform-specific APIs. Preview kedua secara signifikan meningkatkan jumlah API khusus buat Tizen yang tersedia untuk pengembang .NET. Yang utama adalah sebagai berikut: Bluetooth, Smart Card, NFC, Map, Wi-Fi Direct, Telephony, Geofence Manager, dan Account Service.

"Samsung sangat senang bisa merilis preview kedua dari Tizen NET, dan akan merilis versi yang lebih baru dari preview ini setiap dua bulan sekali sampai versi resmi diluncurkan pada akhir tahun ini," kata Kim Hong-seok, Wakil Presiden dari Samsung Electronics Softwae R&D Center. "Kami berkomitmen penuh untuk memuaskan pengembang Tizen dengan .NET."

Informasi selengkapnya bisa baca disini. Sedangkan untuk preview kedua dari Visual Studio Tools for Tizen bisa di-download disini.