Samsung akuisisi HARMAN senilai 108 triliun


Samsung Electronics dan Harman International Industries, Inc hari ini mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani perjanjian definitif dimana Samsung akan mengakuisisi HARMAN untuk $112 (sekitar 1,5 juta rupiah) per saham secara tunai, atau nilai ekuitas total sekitar $8 miliar (sekitar 108 triliun rupiah). Setelah penutupan, transaksi ini akan segera menempatkan kehadiran Samsung yang signifikan di pasar teknologi terhubung yang besar dan berkembang pesat, khususnya elektronik otomotif, yang telah menjadi prioritas strategis bagi Samsung, dan diperkirakan akan tumbuh lebih dari $100 miliar pada tahun 2025.

HARMAN adalah pemimpin pasar dalam solusi connected car (mobil terhubung), dengan lebih dari 30 juta kendaraan saat ini telah dilengkapi dengan sistem commected car mobil dan audio mereka, termasuk embedded infotainment, telematika, connected safety dan security. Sekitar 65% dari hasil penjualan HARMAN sebesar $7 miliar yang dilaporkan selama 12 bulan yang berakhir 30 September 2016 kemarin adalah terkait otomotif, dan backlog order untuk pasar ini pada 30 Juni 2016 adalah sekitar $24 miliar.

Pengalaman HARMAN dalam merancang dan mengintegrasikan teknologi in-vehicle yang canggih, serta hubungan jangka panjang dengan sebagian besar produsen mobil terbesar di dunia, akan menciptakan peluang pertumbuhan yang signifikan untuk bisnis gabungan dengan memungkinkan untuk memanfaatkan keahlian Samsung dalam connected mobility, semikonduktor, user experience, display dan saluran distribusi global. Selain itu, kombinasi merek dan kemampuan audio HARMAN dan keahlian Samsung dalam elektronik konsumen akan memberikan peningkatan manfaat buat konsumen dan meningkatkan pengalaman pengguna di seluruh portofolio produk dan sistem buatan Samsung buat konsumen dan profesional.

"HARMAN sangat sempurna dalam melengkapi Samsung dalam hal teknologi, produk dan solusi, dan bergabung mereka adalah perpanjangan alami dari strategi otomotif kami yang terus kami kejar dalam beberapa waktu," kata Kwon Oh-hyun, Vice Chairman dan Chief Executive Officer dari Samsung Electronics. "Sebagai pemasok otomotif Tier 1 dengan hubungan pelanggan yang mendalam, merek yang kuat, teknologi terkemuka dan portofolio produk terbaik yang telah diakui di kelasnya, HARMAN akan segera menetapkan landasan yang kuat bagi Samsung untuk menumbuhkan platform otomotif kami. Dinesh Paliwal adalah pemimpin global yang telah terbukti dan, dalam diskusi kami yang luas, kami telah mengembangkan rasa hormat yang mendalam baginya, tim kepemimpinan senior yang kuat dan karyawan HARMAN yang berbakat. Track record HARMAN yang berkelanjutan untuk pertumbuhan yang cepat didorong oleh kepemimpinan teknologi dan jaringan order otomotif yang tak tertandingi yang mencerminkan komitmennya untuk inovasi dan konsumen."

"Kendaraan di masa depan akan diubah oleh teknologi dan konektivitas pintar dengan cara yang sama seperti feature phone yang sederhana telah menjadi perangkat pintar yang canggih selama dekade terakhir," tambah Young Sohn, Presiden dan Chief Strategy Officer Samsung Electronics. "Kami melihat peluang pertumbuhan jangka panjang yang cukup besar di pasar teknologi auto karena permintaan untuk komponen elektronik dan solusi khusus Samsung terus berkembang. Dengan bekerja bersama-sama, kami yakin bahwa HARMAN dapat menjadi jenis baru dari provider Tier 1 ke OEM dengan memberikan solusi end-to-end di seluruh ekosistem yang terhubung."

Dinesh Paliwal, Chairman, Presiden dan CEO Harman, menyatakan, "Transaksi tunai yang menarik ini akan memberikan nilai yang signifikan dan langsung kepada para pemegang saham dan memberikan peluang baru bagi karyawan kami sebagai bagian dari yang perusahaan yang lebih besar, lebih beragam. Pengumuman hari ini merupakan bukti apa yang telah kita capai dan nilai yang telah kami ciptakan untuk para pemegang saham. Samsung merupakan mitra ideal untuk HARMAN dan transaksi ini akan memberikan manfaat yang luar biasa untuk pelanggan otomotif dan konsumen di seluruh dunia. Menggabungkan kekuatan Samsung dalam solusi display, konektivitas dan prosesor terdepan dengan kepemimpinan teknologi HARMAN dan hubungan dengan pelanggan lama akan memungkinkan OEM untuk memberikan penawaran baru bagi para pelanggan mereka. Kemitraan dan skala sangat penting untuk memenangkan otomotif dalam jangka panjang karena permintaan untuk connected car yang kuat dan solusi mengemudi otonom terus meningkat dengan pesat. Transaksi ini akan membawa HARMAN dan Samsung kekuatan yang saling melengkapi bersama-sama untuk mempercepat inovasi di ruang ini. Lebih luas lagi, investasi ini menggarisbawahi kekuatan karyawan HARMAN, serta kesuksesan kami dan kepemimpinan di pasar kami. Kami berharap dapat bekerja sama dengan Samsung untuk meningkatkan pengalaman bagi konsumen di seluruh dunia."


Manfaat dan Peluang Pertumbuhan yang Signifikan buat Konsumen

Samsung mengharapkan kombinasi untuk memberikan peluang pertumbuhan yang signifikan dan manfaat bagi konsumen dengan memanfaatkan teknologi Samsung dan HARMAN yang saling melengkapi, mengakibatkan peningkatan penetrasi pasar di pasar akhir yang penting.
  • Otomotif: Menggabungkan kepemimpinan HARMAN dalam teknologi connected car baru, termasuk posisi teratas di infotainment, cyber security, update over-the-air dan telematika, dengan keahlian dan pengalaman dalam teknologi konektivitas, termasuk 5G, UX / UI, teknologi display dan solusi keamanan yang signifikan dari Samsung, akan meningkatkan bisnis layanan otomotif dan terhubung HARMAN untuk mendorong penjualan yang lebih besar dan memberikan manfaat yang signifikan untuk mempercepat adopsi connected car generasi berikutnya oleh produsen otomotif.
  • Audio: Merek terkemuka HARMAN dan sistem audio mutakhir termasuk JBL, Harman Kardon, Mark Levinson, AKG, Lexicon, Infinity, dan Revel. Perusahaan juga memiliki lisensi merek Bowers & Wilkins dan Bang & Olufsen untuk otomotif. Semua merek ini akan sangat meningkatkan daya saing produk mobile, display, virtual reality dan wearable dari Samsung untuk memberikan pengalaman audio dan visual yang sepenuhnya berbeda bagi konsumen.
  • Professional: Kombinasi tersebut juga akan memperluas gabungan platform business-to-business perusahaan melalui kemampuannya untuk menghadirkan solusi audio skala besar dan visual profesional visual yang terintegrasi di stadion, fasilitas konser, dan pusat kinerja lainnya seperti The John F. Kennedy Center untuk Pertunjukan Seni dan Staples Center - rumah dari GRAMMY Awards.
  • Connected Services: Samsung akan mendapatkan akses ke 8.000 desainer dan engineer software HARMAN yang membuka potensi pasar IoT. Kerjasama ini akan memberikan generasi berikutnya dari pengalaman konsumen berbasis cloud dan enterprise, serta layanan end-to-end untuk pasar otomotif melalui konvergensi desain, data dan perangkat.


Struktur Operasional dan Kepemimpinan

Setelah akuisisi, HARMAN akan beroperasi sebagai anak perusahaan yang mandiri dari Samsung, dan terus dipimpin oleh Dinesh Paliwal dan tim manajemen HARMAN saat ini. Samsung sedang mengejar strategi pertumbuhan jangka panjang dalam elektronik otomotif, dan berencana untuk mempertahankan tenaga kerja, kantor pusat dan fasilitas HARMAN, serta semua konsumen dan merek audio profesional. Samsung percaya kombinasi ini akan meningkatkan pengembangan karir dan peluang kemajuan bagi karyawan dari kedua perusahaan.

Samsung Automotive Electronics Business Team, yang didirikan pada Desember 2015 untuk mengidentifikasi peluang untuk Samsung di sektor otomotif, akan bekerja sama dengan tim manajemen HARMAN untuk merealisasikan potensi pertumbuhan penuh dari kombinasi ini.