Sunday, October 16, 2016

Tizen TV berikutnya akan menggunakan layar QLED


Samsung Electronics telah memutuskan untuk memberi nama Smart TV berikutnya dengan sebutan 'SUHD QLED TV'. Tampaknya SUHD menunjukkan generasi TV yang melampaui teknologi OLED, dan selama ini berhasil menjadi identitas produk TV premium yang berbasis sistem operasi Tizen.

Menurut sumber industri di Korea hari ini, Samsung Electronics telah memutuskan untuk memberi nama produk TV unggulan baru yang menggunakan layar QLED yang sedang dikembangkan sebagai 'SUHD QLED TV' dan sejauh ini telah terdaftar sebagai merek dagang baru di Korean Intellectual Property Office. Samsung telah mendaftarkan merek dagang SUHD QLED TV sehingga dapat digunakan untuk penerima TV, panel display, dan software. Merek ini juga dapat digunakan untuk industri monitor, smartphone, dan tampilan layar ponsel.

Tampaknya Samsung Electronics mendaftarkan merek dagang ini di berbagai bidang dengan mempertimbangkan fakta bahwa berbagai aplikasi untuk teknologi QLED akan berkembang di masa depan setelah teknologi Quantum dot akan terus berkembang dari TV ke monitor.

'Quantum dot SUHD TV' saat ini adalah line-up TV premium Samsung, sementara QLED TV adalah produk yang akan berada satu tingkat diatasnya lewat penggunaan teknologi yang lebih baik. Setelah berhasil mengkomersilkan Quantum dot TV pertama mereka, Samsung Electronics memutuskan untuk meninggalkan teknologi OLED untuk TV dan lebih memilih untuk meningkatkan teknologi Quantum dot untuk mengembangkan QLED TV generasi berikutnya. Samsung berencana untuk memperkenalkan generasi ke-3 dari Quantum dot TV di CES (Consumer Electronics Show) yang akan digelar tahun depan.

Quantum dot TV menggunakan BLU (Back-Light Unit) seperti TV LCD dan menghasilkan warna dengan melampirkan film Quantum dot di bagian depan. Di sisi lain, QLED TV tidak menggunakan BLU dan masing-masing memiliki nano-partikel yang menghasilkan cahaya anorganik.

Samsung Electronics saat ini masih bekerja pada pengembangan teknologi QLED, maka diperkirakan masih akan memakan waktu beberapa tahun lagi sampai QLED TV yang sebenarnya muncul di pasar. "Kami mendaftarkan untuk merek dagang agar bisa menetapkan kendali atas pasar yang sesuai," kata seorang juru bicara untuk Samsung Electronics. "Kami belum memutuskan pada produk mana kita akan menyebutkannya sebagai QLED TV."


No comments:

Post a Comment