Samsung gandeng Telkomsel untuk smartphone Tizen di Indonesia


Tizen Store Seller Office Team hari ini mengumumkan bahwa layanan aplikasi Tizen berbayar buat smartphone Samsung Z2 telah diluncurkan. Selain melalui kartu kredit, pengguna smartphone Z2 di Indonesia juga bisa membeli aplikasi dan game melalui potong pulsa.

Untuk Indonesia, tim Tizen Store telah menyesuaikan harga aplikasi untuk mata uang rupiah (IDR). Harga lokal dari aplikasi yang dijual di Indonesia mencerminkan nilai tukar rupiah baru-baru ini. Mereka mengatakan bahwa telah menyesuaikan harga untuk tetap kompetitif di pasar dengan meminimalkan ketidaknyamanan buat pengguna.
CountryCurrencyBilling Method
Credit CardDebit CardCarrier Billing
IndonesiaIDRVISA/MasterVISA ElectronTelkomsel

Kurs yang berlaku adalah tingkat pertukaran per-tanggal 20 September 2016 (hari ini) dengan mempertimbangkan beberapa hal berikut:
  1. Semua harga lokal (IDR) akan disesuaikan berdasarkan harga standar (USD) dengan nilai tukar mata uang diterapkan per-tanggal 20 September 2016.
  2. Harga disesuaikan dengan dibulatkan ke bawah titik desimal.
  3. Jika harga lokal yang telah dikonversi (IDR) berada di bawah harga minimum, maka akan secara otomatis berubah sesuai dengan harga minimum.
  4. Jika harga lokal yang dikonversi (IDR) adalah lebih dari harga maksimum, maka akan secara otomatis berubah sesuai dengan harga maksimum.
    • Jika harga dikunci oleh penjual aplikasi, maka hanya akan dibulatkan ke bawah titik desimal. (Kurs dan harga minimum dan maksimum tidak akan diterapkan)
    • Harga aplikasi yang terdaftar setelah penyesuaian harga akan diatur secara otomatis berdasarkan Fleksibilitas Harga.

Untuk harga minimum aplikasi Tizen berbayar di Tizen Store ditetapkan sebesar Rp. 7.752, sedangkan harga maksimum untuk aplikasi Tizen berbayar di Indonesia adalah Rp. 2.500.000.

Pengguna smartphone Tizen bisa membeli aplikasi Tizen berbayar melalui kartu kredit dan pulsa operator. Untuk kartu kredit, Tizen Store mendukung baik VISA maupun Master Card, sedangkan untuk pulsa operator hanya berlaku untuk Telkomsel. Jadi pengguna Kartu Halo, Simpati maupun Kartu As bisa membeli aplikasi dan game berbayar dengan memotong pulsa mereka.

Semua perubahan ini akan efektif berlaku mulai 21 September 2016.