Kaspersky Lab luncurkan sistem keamanan IoT berbasis Tizen


Kaspersky Lab hari ini mengumumkan bahwa mereka telah mengembangkan solusi keamanan untuk perangkat mobile dan Internet of Things (IoT) berdasarkan sistem operasi Tizen yang terbuka.

Segmen IoT saat ini merupakan salah satu area yang paling cepat berkembang dari pasar IT. Berdasarkan proyeksi dari berbagai lembaga riset dan perusahaan IT dunia, pada tahun 2020 infrastruktur Internet of Things akan diintegrasikan pada sekitar 200 miliar perangkat di seluruh dunia, yang menakup smartphone, komputer, peralatan rumah tangga, mobil, dan berbagai benda elektronik lainnya.

Di Rusia, sektor ini baru mulai muncul beberapa tahun belakangan, namun pelaku pasar sudah mulai berbicara tentang perlunya untuk mengembangkan produk keamanan baru yang relevan. Eksperimen dan penelitian telah menunjukkan bahwa hacking dan penyerang yang berusaha mengkonfigurasi ulang perangkat IOT bisa dilakukan dengan mudah. Oleh karena itu, para ahli mengatakan perlu untuk mengembangkan pendekatan yang terpisah untuk perlindungan perangkat IoT, mempertimbangkan tentang faktor kemungkinan ancaman dan membangun sistem keamanan khusus untuk Internet of Things.

Kaspersky Lab telah lama mempelajari masalah cybersecurity dari Internet of Things. Dan dalam inisiatif nirlaba untuk Mengamankan Smart City, Kaspersky telah melakukan serangkaian pengujian kerentanan dari perangkat pintar yang digunakan dalam infrastruktur perkotaan, seperti kamera CCTV dan sensor lalu lintas.

Untuk itu dalam rangka partisipasinya sebagai anggota Tizen Association Rusia, Kaspersky Lab telah bekerja pada penciptaan sebuah platform yang aman untuk perangkat IoT, yang didasarkan pada OS Tizen. Diharapkan bahwa pengguna pertama dari solusi ini adalah pelanggan korporat.