Samsung produksi masal prosesor Exynos 14-nm buat smartphone murah dan IoT


Samsung Electronics hari ini mengumumkan bahwa mereka telah mulai produksi massal Exynos 7 Quad 7570, prosesor aplikasi mobile (AP) terbaru yang dibangun pada teknologi pemrosesan 14-nanometer (nm) untuk pasar smartphone murah serta juga perangkat IoT. Menjadi mobile AP pertama di kelasnya yang dirancang dengan proses simpul canggih, Exynos 7570 ini juga merupakan prosesor Exynos yang pertama yang sepenuhnya mengintegrasikan modem LTE 2CA Cat.4 dan solusi konektivitas termasuk WiFi, Bluetooth, frequency modulation (FM) dan global navigation satellite system (GNSS) dalam satu chip.

"Dengan Exynos 7570, lebih banyak konsumen akan dapat menikmati manfaat kinerja pemrosesan 14nm FinFET yang canggih di perangkat berharga terjangkau," kata Ben K. Hur, Wakil Presiden System LSI Marketing di Samsung Electronics. "Dengan berhasil mengintegrasikan berbagai solusi konektivitas, Samsung memperkuat daya saing di pasar chip tunggal."

Tahun lalu, Samsung adalah yang pertama di industri untuk mengadopsi teknologi 14nm FinFET canggih untuk prosesor premium dan sejak itu adopsinya mulai diperluas ke segmen lain, membawa fitur premium untuk perangkat pintar yang lebih terjangkau. Sebagai bagian dari upaya tersebut, Exynos 7570 adalah yang pertama di kelasnya dengan 14nm FinFET, sehingga sangat hemat listrik sementara juga memungkinkan kinerja yang luar biasa.

Exynos 7570, dengan empat core Cortex-A53 di 14nm, memberikan 70 persen peningkatan pada kinerja CPU dan peningkatan 30 persen dalam efisiensi daya jika dibandingkan dengan pendahulunya yang dibangun pada 28nm. Exynos baru juga menawarkan pengalaman mobile yang terhubung sepenuhnya dengan mengintegrasikan modem LTE 2CA Cat. 4 dan berbagai solusi konektivitas, seperti WiFi, Bluetooth, radio FM dan GNSS.

Selain itu, dengan optimasi desain dan fitur konsolidasi untuk komponen seperti fungsionalitas PMIC (power management IC) dan RF (radio frequency), Exynos 7570 berhasil mengurangi ukuran chipset keseluruhan hingga 20 persen, memberikan produsen kemampuan yang lebih baik untuk merancang smartphone yang tipis.

Dengan mendukung resolusi layar hingga WXGA, perekaman dan pemutaran video Full HD, dan peningkatan ISP (image signal processor) untuk kamera depan dan belakang 8MP/13MP, Exynos 7570 telah menyajikan beragam manfaat bagi pengguna smartphone.

Untuk informasi lebih lanjut tentang produk Exynos Samsung, silakan kunjungi www.samsung.com/exynos