Wednesday, July 27, 2016

Samsung Z2 akan dirilis di 8 negara Asia-Afrika, termasuk Indonesia


Samsung Electronics akan merilis smartphone Tizen ketiga yang disebut Samsung Z2 pada semester kedua tahun ini. Tidak seperti Samsung Z1 dan Z3 sebelumnya, Z2 akan menjadi smartphone Tizen pertama yang dirilis di banyak negara, dan juga akan mendukung fungsi mobile remote dan jaringan generasi keempat atau 4G LTE.

Menurut sumber industri di Korea hari ini, Samsung Electronics telah menyelesaikan proses instalasi solusi yang mendukung total 8 bahasa di negara-negara yang berbeda. Delapan negara yang didukung yaitu India, Indonesia, Nepal, Sri Lanka, Bangladesh, Afrika Selatan, Kenya dan Nigeria. Hal ini dapat dilihat sebagai strategi Samsung Electronics untuk memperluas jumlah negara dari sebelumnya ketika hanya merilis Samsung Z1 dan Z3 di negara-negara Asia Barat Daya seperti India, Nepal, Sri Lanka, dan Bangladesh.

Langkah ini tidak hanya akan memperluas basis untuk smartphone Tizen di dunia, tetapi secara tidak langsung juga akan memperluas ekosistem untuk OS Tizen. Seperti misalnya Kenya yang sedang beralih dari teknologi 2G ke 4G sementara Nigeria juga sibuk dengan membangun infrastruktur untuk 4G. Lingkungan yang akan meningkatkan jumlah penjualan ponsel 4G Tizen juga sedang dipersiapkan.

Karena kompetisi di pasar Afrika yang tidak seganas negara-negara lain, maka akan mudah buat Samsung untuk menguasai pasar terlebih dulu. Jika Samsung mengekspos user interface serta OS untuk konsumen dari negara-negara yang sesuai, maka akan bisa masuk ke negara-negara ini tanpa harus bersaing dengan bisnis lain. Sebelumnya Samsung Electronics memperkenalkan ponsel murah yang disebut 'Galaxy J1 Ace Neo' di Afrika Selatan.

Beberapa kalangan industri juga percaya bahwa Samsung berencana untuk mendirikan tempat uji coba buat Internet of Things (IoT) yang didasarkan pada OS Tizen. Ketika menetapkan infrastruktur IoT berbasis smartphone di wilayah Afrika, Samsung dapat menggunakannya sebagai tempat awal untuk memperluas bisnisnya.

Samsung Z2 juga akan memiliki solusi pendukung jarak jauh atau mobile remote assistance. "Tampaknya Samsung Electronics mengembangkan solusi yang sesuai buat remote assistance agar bisa bekerja dari call center di negara-negara di mana Z2 akan dirilis," kata seorang wakil dari sumber industri di Korea yang memahami masalah ini. "Samsung juga akan berusaha untuk melengkapi keterbatasan yang ada di ponsel Tizen sebelumnya lewat Z2." Fungsi remote assistance rencananya juga akan diterapkan di Samsung Z1 dan Z3.

Samsung Z2 akan didukung oleh layar Super AMOLED berdimensi 4-inci dan RAM 1GB. Selain itu, beberapa sumber juga mengatakan bahwa Samsung Electronics akan menerapkan 'S Bike' yang secara otomatis merespon panggilan dan pesan saat pengguna sedang mengendarai sepeda motor atau mobil. Sumber industri memprediksi bahwa Z2 akan dirilis pada bulan Oktober tahun ini.

Berikut ini buku panduan Samsung SM-Z200F/DD yang sudah bisa didownload untuk kawasan Asia Barat Daya:



No comments:

Post a Comment