Tuesday, June 21, 2016

Samsung Z3 edisi Enterprise mulai dijual di Rusia


Smartphone Tizen Samsung Z3 edisi Enterprise sudah mulai dijual di Rusia mulai bulan ini setelah sebelumnya diperkenalkan di acara Startup Village 2016. Dibandingkan dengan Samsung Z3 versi global yang dirilis di India, terdapat perbedaan baik dari sisi hardware dan juga software.

Untuk hardware, perbedaan yang paling mencolok terutama pada prosesor aplikasi atau SoC yang digunakan. Samsung Z3 versi India menggunakan SoC Spreadtrum SC7730SI dengan CPU quad-core ARM Cortex-A7 1,3GHz dan GPU Mali-400MP2. Sedangkan Samsung Z3 versi Rusia menggunakan SoC Qualcomm Snapdragon 410 (MSM8916) dengan CPU quad-core ARM Cortex-A53 1,2GHz dan GPU Adreno 306. Keduanya dibuat dengan pemrosesan 28nm.


Perbedaan SoC ini membuat adanya perbedaan fitur diantara keduanya, seperti misalnya Samsung Z3 versi India memiliki dukungan konektivitas Bluetooth 4.0 dan perekaman video HD 720p@30fps sedangkan Samsung Z3 versi Rusia memiliki dukungan Bluetooth 4.1 dan perekaman video FHD 1080p@30fps. Dan yang paling utama tentu saja Samsung Z3 versi Rusia bisa menjangkau jaringan 4G LTE Cat.4 dan VoLTE, dibanding Samsung Z3 versi India yang maksimal menjangkau jaringan 3G WCDMA dan HSPA+.

Sedangkan dari sisi software, Samsung Z3 versi Rusia telah dilengkapi dengan solusi keamanan yang terintegrasi, MDM dan juga VPN. Anda tidak bisa mengakses Tizen Store dari perangkat ini seperti halnya smartphone Tizen lainnya, sehingga instalasi aplikasi hanya bisa dilakukan melalui sistem MDM milik perusahaan yang sudah terjamin keamanannya.

Dari segi harga, Samsung Z3 versi Enterprise dibanderol 16.618 rubel atau sekitar 3,4 juta rupiah, sekitar dua kali lipat lebih mahal dari Samsung Z3 versi India yang saat peluncurannya dibanderol 8490 rupee atau sekitar 1,7 juta rupiah. Dan yang terpenting, Anda tidak bisa langsung membeli Samsung Z3 versi Enterprise di toko atau secara online, namun harus memesannya terlebih dahulu dengan garansi, sertifikasi dan peraturan pemakaian yang telah disesuaikan dengan standar keamanan di Rusia, dan akan dikirimkan setelah 30 Juni.


Buat Anda yang memesan sebelum 30 Juni mendatang akan mendapat diskon khusus 15% serta berkesempatan untuk mengikuti kompetisi proyek dari Tizen Association Russia dengan hadiah utama 2 juta rubel (sekitar 410 juta rupiah) yang bisa digunakan untuk pengembangan aplikasi Tizen atau penciptaan produk dan solusi terkait OS Tizen. 10 Finalis dari kompetisi yang berlangsung antara 1-30 Juni ini akan berkesempatan mendapatkan hadiah yang lebih besar antara 1,5 juta - 15 juta rubel (antara 308 juta - 3 miliar rupiah).



No comments:

Post a Comment