Untuk bisnis otomotif, Samsung kerjasama dengan keluarga Agnelli


Vice Chairman Samsung Electronics Lee Jae-yong (Jay Y. lee) akan habis-habisan untuk mempromosikan bisnis otomotif elektronik perusahaannya. Dia dilaporkan telah bertemu dengan beberapa tokoh di industri otomotif Eropa untuk membahas cara-cara dalam meningkatkan kerjasama.

Selama perjalanannya ke Eropa, ia berpartisipasi dalam pertemuan dewan Exor S.p.A, perusahaan investasi induk Italia yang mengendalikan saham di Fiat Chrysler Automobiles (FCA), merek mobil mewah Ferrari, Juventus Football Club dan koran mingguan Inggris The Economist. Jay Lee telah menjadi direktur independen dari perusahaan ini sejak 2012.

Exor S.p.A dikendalikan oleh keluarga Agnelli, sebuah dinasti bisnis paling berpengaruh di Italia yang sekarang dipimpin oleh John Elkann, cucu pendiri Fiat Gianni Agnelli. Ketika Elkann mengunjungi Korea pada tahun 2010, Jay Lee mengundangnya ke kantor pusat Samsung Electronics di Seocho-gu, Seoul, untuk makan siang bersama.

Baik John Elkann dan Jay Lee adalah seumuran dan masing-masing adalah ahli waris untuk keluarga konglomerat yang mewakili negara-negara mereka, sehingga mereka dilaporkan cepat akrab dan memiliki jalinan persahabatan yang sangat dekat. Dua tahun kemudian Elkann merekomendasikan Lee untuk menjadi direktur independen dari Exor. Jay Lee setuju dan sejak bulan Mei 2012 menjadi salah satu dari enam anggota Komite Strategis Exor yang dipimpin langsung oleh Elkann.

Menurut Exor, Jay Lee menghadiri semua pertemuan komite pada tahun pertamanya sebagai direktur independen, tetapi menurun menjadi hanya 40 persen dari pertemuan pada 2013, ketika ia dipromosikan menduduki pucuk pimpinan di Samsung Electronics. Partisipasinya terus menurun hingga hanya menghadiri 14,3 persen dari pertemuan tahun lalu, karena ia harus berurusan dengan bisnis yang lebih luas di Samsung Group atas nama ayahnya yang terbaring dalam keadaan sakit.

"Jay Lee telah berusaha keras untuk tidak kehilangan pertemuan di Exor, karena ia sangat sibuk pada pekerjaan," kata juru bicara Samsung.

Dilaporkan bahwa Jay Lee bertemu dengan manajemen puncak dari FCA selama perjalanan untuk memperkuat kemitraan mereka. Dan FCA adalah kandidat paling dicari bagi Samsung untuk meningkatkan kemitraan dalam membuka pasar elektronik otomotif dan baterai mobil listrik (EV) karena FCA menaungi berbagai merek mobil terkenal seperti Dodge, Alfa Romeo, Jeep dan Maserati.

Jay Lee sebelumnya juga dikabarkan bertemu dengan tokoh-tokoh dengan profil tinggi dari produsen mobil Eropa lainnya termasuk BMW, Volkswagen, Porsche dan Audi, dimana Samsung SDI telah memasok baterai EV buat mobil listrik mereka seperti BMW i3 dan i8.