Thursday, April 14, 2016

Review Asphalt 8 Airborne di smartphone Tizen


Asphalt 8  merupakan game bergenre balap (racing) buatan Gameloft SE. Asphalt 8 dirilis pada tanggal 25 Maret 2016 untuk Z3 (sebelumnya telah dirilis untuk Z1 duluan tetapi kurang cocok dimainkan untuk Z1 karena memerlukan internal storage yang besar dan tidak memperbolehkan install di SD Card).

Game ini menghabiskan kapasitas internal yang sangat besar yaitu 1083940091 bytes atau sekitar 1.08 gb pada Asphalt 8 versi 1.1.3 , jadi perlu menyiapkan sekitar 2 gb karena saat main tentunya ada game user data tambahan lagi (saat saya cek sekarang total size di app manager adalah 1.93 gb). Sebenarnya Gameloft juga merilis Asphalt Nitro, bahkan menjadi bawaan (pre-installed) di Z3, tetapi kualitas asphalt Nitro masih kurang dibanding Asphalt 8, apalagi masih dalam bentuk Demo (di India bisa upgrade menjadi Full Version dengan bayar, tetapi di luar India ga bisa).

Saat pertama kali memasuki game ini, kita akan memasuki layar utama dimana terdapat penampilan mobil kita berserta jumlah uang, setting, informasi data dan tombol jenis balap. Saat pertama kali main kita dikasih mobil Dodge Dart GT, yang merupakan mobil kelas D (total ada 5 kelas mobil; D,C,B,A,S). Setelah menang balapan ataupun finish race, kita akan mendapat uang yang bisa kita belanjakan untuk mobil lain yang lebih baik nantinya. Total ada 56 mobil berbeda yang dapat kita beli dari berbagai merek perusahaan ternama mulai dari Dodge, Audi, Tesla, Cadillac, Scion, Mini Cooper, Alfa Romeo, Renault, Nissan, Merdedes-Benz, Chevrolet Camaro, Ford, Lamborghini, Lotus, Infiniti, Citroen, Aston Martin, Maserati GT, Bentley, Ferrari, Ford Shelby, BMW, McLaren, Pagani, Marussia, RUF, GTA, Bugatti, Koenigsegg, dan W Motor Lykan Hypersports.





Selain membeli mobil di Garasi, kita juga bisa melakukan upgrade mobil pada bagian Acceleration, Top Speed, Handling, dan Nitro. Untuk Car Paint, kita dapat memilih 8 pilihan warna yang tersedia dan gratis tanpa biaya. Jika Anda bersedia untuk mengeluarkan dana, maka terdapat in-game purchase, dapat membeli mobil secara paket tanpa perlu bersusah payah mengumpul uang/koin game. Terdapat 6 paket mobil yang dapat dibeli dengan uang asli/kartu kredit, mulai dari Starter Pack seharga $9.99 yang didalamnya terdapat 5 mobil sampai paling mahal Class S Car Pack yang isinya 7 mobil kelas S dengan harga pack $99.99 . Tentunya selain membeli mobil, kita juga dapat melakukan hal lain dengan uang kita seperti Double Credits yang menggandakan jumlah reward setiap habis balap, Nitro Starter yang untuk start race dengan Nitro dalam kondisi Full, dan Tuning Kit yang meningkatkan performance mobil.

Untuk Single Player terdapat 8 season, dan setiap season terdapat sekitar 12-15 stage. Setiap stage umumnya memiliki persyaratan dan kondisi untuk ikut, mulai dari jumlah bintang yang harus dipenuhi, hanya mobil tertentu yang boleh ikut, ataupun jenis game balapan tertentu. Stage balapan ini menempati beberapa lokasi didunia, mulai dari Tokyo, London, Iceland, Nevada, Barcelona, French Guiana, Monaco, Great Wall China, Venice, dll .

Setelah memilih mobil dan stage, saatnya untuk balapan. Grafik yang di tawarkan sangat bagus dan enak di lihat, kelihatan detail dan kontras yang tinggi. Benar benar Gameloft patut diacungi jempol, setiap mobil dan stage di design dengan indah dan detail serta efek drift terasa keren. Cara memainkannya pun sangat simple, mobil akan otomatis jalan sendiri tanpa perlu menekan tombol gas dan bergerak ke kiri-kanan dengan rotate handphone kita (menggunakan sensor gerak pada HP), dan untuk rem tangan menekan layar sisi kiri, serta Nitro dengan cara menekan layar sisi kanan. Asphalt 8 ini sangat membuat ketagihan biarpun untuk yang bukan penggemar game bergenre balap seperti saya. Jika Didunia nyata kita tidak dapat koleksi mobil mewah kelas seperti Lamborghini, Ferrari, Bugatti maka disini kita bisa melampiaskannya, biarpun hanya di game, jumlah mobil yang bisa di koleksi maksimal adalah 11 buah.

Saya ada melakukan perbandingan kecepatan membuka aplikasi game Asphalt 8 ini dengan versi Android pada Galaxy Note 4, dan ternyata hasilnya adalah yang Tizen unggul startup lebih cepat masuk ke dalam game dibanding yang Android padahal spesifikasi Z3 lebih rendah dibanding Note 4. Ini membuktikan bahwa Tizen benar-benar sangat ringan platformnya.




Asphalt 8 Airborne di Samsung Z1

Dan berikut ini video review Asphalt 8 Airborne di Samsung Z1 (SM-Z130H) sebagai perbandingan. Spesifikasi Z1 lebih rendah dari Z3, dengan prosesor dual-core Spreadtrum SC7727S 1,2Ghz, RAM 768MB dan memori internal 4GB.





No comments:

Post a Comment