Wednesday, March 30, 2016

Samsung rilis kulkas Tizen Family Hub di Korea


Samsung Electronics hari ini meluncurkan kulkas baru yang menggunakan teknologi Internet of Things (IoT) dan sistem operasi (OS) Tizen di Korea Selatan, langkah yang ditujukan untuk memperluas pangsa di pasar peralatan rumah tangga.

Samsung mengatakan bahwa kulkas Family Hub baru bukan sekedar lemari es karena telah dirancang sebagai pusat manajemen makanan, pusat komunikasi keluarga, dengan berbagai aplikasi internet, hiburan dan belanja online didalamnya.


"Samsung berharap untuk memperluas basis pelanggan. Target utama untuk Family Hub adalah ibu rumah tangga berusia antara 30-an dan 40-an yang sebelumnya akrab dengan menggunakan smartphone," kata Kang Bong-koo, wakil presiden senior divisi peralatan rumah tangga di Samsung Electronics saat konferensi pers yang diadakan di Seocho Samsung Tower, Seoul selatan, hari Rabu ini.

Kulkas Family Hub yang pertama kali dipamerkan di Consumer Electronics Show (CES) 2016 pada bulan Januari yang lalu, telah dilengkapi dengan layar sentuh Full HD 21,5-inci yang memungkinkan pengguna untuk menindaklanjuti berbagai kondisi dari kulkas dan menjalankan berbagai aplikasi yang ada. Dengan tiga kamera terpasang di dalam, pengguna juga dapat memeriksa bahan makanan yang disimpan di lemari es melalui aplikasi smartphone. Pengguna juga dapat memesan bahan makanan yang diperlukan untuk resep makanan tertentu secara online melalui Family Hub.










"Ketika Anda melihat produk Family Hub, maka Anda akan melihat bahwa alat ini bisa melakukan banyak hal dan akan berbuat lebih banyak hal lagi untuk Anda, dimulai dengan hal yang paling penting untuk lemari es - menyimpan makanan - dalam framework Internet of Things yang diciptakan oleh Samsung. Kami akan mendorong fitur premium dengan fitur yang disesuaikan dalam produk bermerek Hub untuk menarik lebih banyak konsumen," kata Seo Byung-sam, kepala unit peralatan rumah tangga di Samsung Electronics kepada wartawan, yang juga mengaku bahwa Family Hub merupakan bagian dari strategi dua arah terkait dengan konsumen dan target pasar.

Layar sentuh di kulkas Family Hub juga dapat menampilkan foto bersama dari smartphone, dan pengguna juga dapat berkomunikasi dengan anggota keluarga yang lain melalui catatan dan rekaman suara. Perangkat ini juga bisa terhubung dengan Smart TV berbasis OS Tizen untuk menayangkan berbagai konten video.

Penjelasan fitur selengkapnya bisa dilihat melalui video dibawah.


"Family Hub berfungsi sebagai pusat kontrol untuk semua peralatan rumah tangga yang terhubung yang Anda miliki di rumah. Perangkat ini bekerjasama sangat baik dengan Samsung SmartThing serta perangkat dari perusahaan lain," kata Seo Byung-sam tentang keunggulan utama kulkas baru ini.

Samsung Electronics telah bermitra dengan E-Mart, Lotte Mart, Samsung Card, operator portal Naver dan Bugs Music untuk berbagai aplikasi dan konten buat Family Hub. Samsung mengatakan akan terus memperluas hubungan dengan berbagai mitra untuk menyediakan komunikasi, belanja, dan pengalaman hiburan yang berbeda kepada pengguna.



"Samsung Electronics yakin akan bisa menjual lebih banyak dari yang diharapkan sebelumnya, namun kami belum bisa berkomentar tentang target penjualan kami sekarang," kata Seo Byung-sam sambil menambahkan bahwa perusahaannya akan segera meluncurkan kampanye promosi yang agresif untuk meningkatkan penjualan.

Di Korea, kulkas Samsung Family Hub dengan kapasitas 850-liter akan dijual dengan harga 6,49 juta won atau sekitar 75 juta rupiah.







No comments:

Post a Comment